Produksi Semen Indonesia Tumbuh Tipis

Kamis, 06/02/2014

Tahun ini, PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menargetkan kapasitas produksi semen mencapai 31 juta ton lebih atau hanya tumbuh tipis dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 30 juta ton. Direktur Utama SMGR Dwi Soetjipto mengatakan, target produksi tahun depan ditopang dari pabrik semen di Tonasa dan Tuban yang sudah meningkat kapasitas produksinya.

Selain itu, juga akan didukung akan dibangunnya dua pabrik baru milik SMGR di Rembang, Jawa Tengah dan Padang, Sumatra Barat,”Kedua pabrik senilai Rp7,5 triliun ini akan mulai digarap pada kuartal I tahun ini juga," kata Dwi di Jakarta, kemarin.

Dia menambahkan, perseroan juga berencana mengembangkan bisnis semennya dengan membangun pabrik di Indonesia bagian timur,”Kami akan kembangkan pasar ke Indonesia bagian Timur dengan cara membangun pabrik di sana supaya bisa memotong jalur distribusi. Dengan begitu, untuk masyarakat Indonesia bagian Timur diharapkan bisa mendapatkan harga semen yang lebih murah ketimbang saat ini yang tergolong mahal," ujar Dwi.

Terkait kinerja SMGR di 2014, Dwi optimis pendapatan serta penjualan semennya akan tetap tumbuh di tengah kondisi perekonomian global saat ini yang masih belum pasti dan bertepatan dengan adanya pesta demokrasi (Pemilihan Umum/Pemilu),”Tahun ini kami menargetkan adanya pertumbuhan revenue sekitar 12%-13%. Selain itu, penjualan semen SMGR ditargetkan bisa tumbuh di atas 10%," tandasnya. (bani)