Perluas Pasar, Antam Buka Cabang di China

Dalam rangka meningkatkan penjualan emas di luar negeri, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) resmi membuka kantor perwakilan di Shanghai, China. Alasannya, guna menunjang dan memperluas kegiatan pemasaran produk-produk perseroan. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk, Tato Miraza mengatakan, pembukaan kantor perwakilan di Shanghai dapat memperluas kegiatan pemasaran komoditas yang diproduksi perseroan, seperti feronikel, alumina dan batu bara,”Selain itu, kantor perwakilan Shanghai akan mempermudah dan mempercepat akses terhadap kesempatan kerja sama dan pencarian peluang pendanaan dari China,”ujarnya.

Dia menjelaskan, kantor perwakilan Shanghai tersebut akan berperan sebagai kantor perwakilan pemasaran di wilayah China. Diharapkan kantor perwakilan tersebut mempermudah kesempatan kerja sama, termasuk di bidang teknologi dengan perusahaan-perusahaan China dalam mengembangkan cadangan dan sumber daya perseroan melalui pengembangan fasilitas pengolahan dan pemurnian di Indonesia.

Kantor perwakilan di China merupakan kantor perwakilan ANTM kedua di luar negeri. Perseroan sebelumnya telah membuka kantor perwakilan di Tokyo, Jepang. Tahun ini, perseroan mengalokasikan belanja modal atau capex menjadi Rp 2,87 triliun. Belanja modal tersebut lebih besar dari rencana semula US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun. Namun, dibandingkan target 2013 senilai Rp 5 triliun, belanja modal tahun ini jauh lebih rendah.

Kata Tato Miraza, sebagai bagian dari efisiensi dan untuk menjaga arus kas perusahaan agar tetap sehat di tengah penurunan harga komoditas saat ini, belanja modal Antam 2014 ditargetkan mencapai Rp 2,87 triliun. Rencananya, dana capex tahun ini dialokasikan untuk keperluan proyek perseroan dan anak usaha. Proyek yang akan menjadi fokus perseroan adalah proyek Pomalaa dan FeNi Halmahera Timur.

Perseroan juga akan menggenjot produksi emas. Oleh karena itu, Antam menargetkan peningkatan volume penjualan emas menjadi 13,6 ton pada 2014. Penjualan tersebut meningkat 66% dari target 2013 sebesar 8,2 ton. Selain itu, Antam juga menargetkan peningkatan volume penjualan feronikel pada 2014 menjadi sebesar 20 ribu ton nikel dalam feronikel (TNi) atau meningkat 11% dibandingkan target 2013 sebanyak 18.000 Tni. (bani)

BERITA TERKAIT

Pasar idEA 2019 Hadir Untuk Pertama Kalinya di Indonesia

NERACA Jakarta – Indonesia e-commerce Association (iDEA) atau Asosiasi E-commerce Indonesia bekerjasama dengan Traya Eksibisi Internasional akan menggelar pameran Pasar…

Penetrasi Pasar Internasional - FILM Akuisisi 50% Saham Mixx Entertaiment

NERACA Jakarta -PT MD Pictures Tbk (FILM) gencar melakukan ekspansi bisnis hingga ke kancah internasioal. Salah satu upaya MD Pictures…

Raillink Buka Rute Bekasi-Manggarai

Untuk mengatasi beban kerugian PT Raillink, sebaiknya kereta bandara membuka rute Manggarai-Bekasi untuk mengisi gerbong kosong. Pasalnya, KA Parahyangan juga…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Tambah Armada Baru - Armada Berjaya Bidik Pendapatan Tumbuh 200%

NERACA Jakarta – Resmi mencatatkan sahamnya di pasar modal, PT Armada Berjaya Trans Tbk (JAYA) langsung tancap gas dalam ekspansi…

Ditopang Penjualan Residensial - BSDE Targetkan Marketing Sales Rp 6,2 Triliun

NERACA Jakarta – Tahun ini, PT Bumi Serpong Damai  Tbk (BSDE) memasang target marketing sales senilai Rp6,2  triliun.”Kami optimistis target…

WIKA Garap Proyek Bandara di Makassar

Pacu pertumbuhan kontrak baru, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) selalu aktif dalam berbagao tender proyek pemerintah. Teranyar, perseroan ditunjuk…