Perluas Pasar, Antam Buka Cabang di China

Dalam rangka meningkatkan penjualan emas di luar negeri, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) resmi membuka kantor perwakilan di Shanghai, China. Alasannya, guna menunjang dan memperluas kegiatan pemasaran produk-produk perseroan. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk, Tato Miraza mengatakan, pembukaan kantor perwakilan di Shanghai dapat memperluas kegiatan pemasaran komoditas yang diproduksi perseroan, seperti feronikel, alumina dan batu bara,”Selain itu, kantor perwakilan Shanghai akan mempermudah dan mempercepat akses terhadap kesempatan kerja sama dan pencarian peluang pendanaan dari China,”ujarnya.

Dia menjelaskan, kantor perwakilan Shanghai tersebut akan berperan sebagai kantor perwakilan pemasaran di wilayah China. Diharapkan kantor perwakilan tersebut mempermudah kesempatan kerja sama, termasuk di bidang teknologi dengan perusahaan-perusahaan China dalam mengembangkan cadangan dan sumber daya perseroan melalui pengembangan fasilitas pengolahan dan pemurnian di Indonesia.

Kantor perwakilan di China merupakan kantor perwakilan ANTM kedua di luar negeri. Perseroan sebelumnya telah membuka kantor perwakilan di Tokyo, Jepang. Tahun ini, perseroan mengalokasikan belanja modal atau capex menjadi Rp 2,87 triliun. Belanja modal tersebut lebih besar dari rencana semula US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun. Namun, dibandingkan target 2013 senilai Rp 5 triliun, belanja modal tahun ini jauh lebih rendah.

Kata Tato Miraza, sebagai bagian dari efisiensi dan untuk menjaga arus kas perusahaan agar tetap sehat di tengah penurunan harga komoditas saat ini, belanja modal Antam 2014 ditargetkan mencapai Rp 2,87 triliun. Rencananya, dana capex tahun ini dialokasikan untuk keperluan proyek perseroan dan anak usaha. Proyek yang akan menjadi fokus perseroan adalah proyek Pomalaa dan FeNi Halmahera Timur.

Perseroan juga akan menggenjot produksi emas. Oleh karena itu, Antam menargetkan peningkatan volume penjualan emas menjadi 13,6 ton pada 2014. Penjualan tersebut meningkat 66% dari target 2013 sebesar 8,2 ton. Selain itu, Antam juga menargetkan peningkatan volume penjualan feronikel pada 2014 menjadi sebesar 20 ribu ton nikel dalam feronikel (TNi) atau meningkat 11% dibandingkan target 2013 sebanyak 18.000 Tni. (bani)

 

BERITA TERKAIT

Laba Bersih BFI Finance Menyusut 28,9%

Di kuartal pertama 2024, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) mencatatkan laba bersih Rp361,46 miliar atau turun 28,9% dibanding priode…

MPX Logistics Bagi Dividen Final Rp3 Miliar

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT MPX Logistics International Tbk. (MPXL) memutuskan pembagian dividen final Rp3 miliar dan perombakan…

Hartadinata Targetkan Pendapatan Naik 48%

Tahun ini, PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 48% Rp18,9 triliun dan laba bersih tumbuh 39,34% menjadi…

BERITA LAINNYA DI

Laba Bersih BFI Finance Menyusut 28,9%

Di kuartal pertama 2024, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) mencatatkan laba bersih Rp361,46 miliar atau turun 28,9% dibanding priode…

MPX Logistics Bagi Dividen Final Rp3 Miliar

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT MPX Logistics International Tbk. (MPXL) memutuskan pembagian dividen final Rp3 miliar dan perombakan…

Hartadinata Targetkan Pendapatan Naik 48%

Tahun ini, PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 48% Rp18,9 triliun dan laba bersih tumbuh 39,34% menjadi…