Negara ASEAN Harus Punya Universitas Kelas Dunia

Berbicara mengenai pendidikan di Asia, sesungguhnya banyak sekali nilai-nilai pendidikan yang seharusnya dianut oleh negara-negara ASEAN. Seharusnya bangsa ASEAN memiliki pendekatan GlOCAL, yaitu bangsa yang memiliki wawasan dan dampak global dengan nilai-nilai lokal. Inilah kenapa bahwa negara ASEAN harus memiliki universitas kelas dunia dengan nilai-nilai Asia yang menjadi fondasi pendidikan didalamnya.

Negara ASEAN memiliki banyak sekali keuntungan dibandingkan negara-negara lain di dunia. Yaitu secara geografis diapit oleh dua negara Asia besar yaitu India dan Cina, sehingga kaya akan nilai-nilai budaya, dan agama. Negara ASEAN juga diapit oleh Australia dan Jepang, dua negara ekonomi besar dunia.

Melihat keuntungan ini, negara ASEAN seharusnya memiliki semangat yang kuat untuk bersatu dan menjadi komunitas yang disegani di dunia. Dan hal itu bisa dimulai dengan membuat pendidikan yang berkualitas.

“Singapura sebenarnya memiliki universitas-universitas yang sangat bagus, dan masuk dalam 10 negara dengan kualitas universitas terbaik di dunia. Namun lulusan-lulusan yang diciptakan masih berstandar barat, sehingga nilai-nilai keasiaannya hilang,” kata Dr Vijay Eswaran.

Sedikit mengungkit sejarah, Eswaran menyatakan bahwa negara-negara Asia memiliki sejarah yang panjang terhadap dunia pendidikan. Jauh sebelum barat memiliki universitas, sudah banyak universitas terdapat di negara Asia.

Pada 4th ASEAN High Level Education Forum, Eswaran juga mengatakan bahwa kesadaran sebagai keluarga besar haruslah dimiliki oleh seluruh negara ASEAN dan mengatasi masalah yang selama ini mengganjal. Ketika jalur politik dan diplomasi buntu, maka pendidikan bisa menjadi sarana pemersatu.

BERITA TERKAIT

LPDB KUMKM Ajak Universitas Jember Kerjasama Kembangkan Bisnis Startup

LPDB KUMKM Ajak Universitas Jember Kerjasama Kembangkan Bisnis Startup NERACA Jember - Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM mengajak Universitas…

Selain Asean, BEI Bakal Roadshow Ke Eropa

Dalam rangka meningkatkan likuiditas di pasar modal dan juga mengenjot pertumbuhan investor asing, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menggelar…

Bank Dunia Tawarkan Utang untuk Rekonstruksi Bencana

      NERACA   Bali - Bank Dunia menyiapkan bantuan pinjaman sebesar satu miliar dolar AS untuk membantu Indonesia…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Pegawai Kemenkop dan UKM Lakukan Aksi Galang Dana Untuk Korban Bencana

Pegawai Kementerian Koperasi dan UKM melakukan aksi penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.…

Presiden Setujui Pendirian Universitas Persis

      Presiden Joko Widodo menyetujui pendirian Universitas Persis sebagai bagian dari upaya pembangunan sumber daya manusia (SDM) agar…

Pertimbangan Orangtua Agar Anak Sekolah Di Luar Negeri

      Secara rutin setiap tahun HSBC, melakukan survei global terkait dalam bidang pendidikan dalam "The Value of Education,…