Cermat Memilih Kayu Kusen

Kusen adalah bagian penting sebuah hunian. Karena dari situlah akan menempel daun pintu serta jendela yang bermanfaat untuk keluarmasuk orang atau keluar masuk udara. Karenanya memilih kusen tidak boleh sembarangan. Harus teliti sebab kuatnya kusen juga turut mempengaruhi kuatnya keamanan sebuah hunian.

Biasanya, setelah mempunyai desain rumah impian langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan material bangunan seperti kusen misalnya. Memang bahan untuk kusen sebuah rumah sekarang sudah bervariasi bukan hanya menggunakan kayu saja tetapi ada yang terbuat dari logam aluminium. Tetapi, pada tulisan kali ini akan membahasksen kayu.

Sepeti deiketahui, untuk memperoleh kusen yang baik dan berkualitas bukanlah hal yang gampang atau mudah, butuh pengetahuan yang mumpuni agar mendapatkan kusen dengan kusen berbahan dasar kayu yang kuat dan berkualitas.

Untuk mendapatkannya mungkin kita tidak akan kesulitan lagi jika kita memiliki dana berkebih. Tetapi bagaimana kalau penghasilan pun pas-pasan. Rasanya pilihannya akan jatuh pada kusen yang tidak bagus kualitasnya. Memang harga bukan segalanya, tetapi yang jelas kualitas juga pasti akan mengikuti harga.

Nah, agar dapat memilih kusen berkualitas membeli dan memanfaatkan sumberdaya alam. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi kayu apa yang paling bagus kemudian yang paling awet dan yang terakhir yang mudah untuk dikerjakan. Karena komponen tersebut sudah menjadi syarat untuk dapat menghasilkan kusen terbaik.

Setelah mendapatkan jenis kayu yang kita anggap sesuai kemudian Langkah kedua adalah mencari tukang kayu untuk mengerjakannya sesuai keinginan pemilik rumah. Untuk itu, sebelum memilih kusen, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu kusen-kusen yang kita buat, antara lain :

Pertama, kusen pintu jenisnya dibedakan dari segi ukurannya yaitu, ada pintu utama atau ruang tamu, pintu kamar tidur, pintu kamar mandi dan pintu garasi disesuaikan dengan desain rumah yang ada. Kedua, kusen Jendela, dibedakan dari segi ukurannya yaitu, Jendela ruang tamu, jendela kamar tidur, jendela dapur.

Ketiga, kusen fentilasi, biasanya untuk ruang tamu, kamar tidur sama, hanya kamar mandi dan dapur saja yang berbeda. Sementara kusen Isian meliputi, daun pintu dan daun jendela.

Intinya, ukuran mahalnya kayu memang menjadi perhatian tersendiri. Tetapi di balik itu semua. Faktor lain dari segi keawetan kayu yaitu dengan cara proses pengawetan secara alami. Sehingga kayu yang dihasolkan akan lebih baik lagi.

Biasanya kusen dengan kualitas prima merupakan kusen-kusen berbahan dasar kayu yang prima pula. Sedret tanaman kuat pun menyeruak demi meramaikan jualan. Nah, berikut ini merupakan deretan bahan kayu untuk membuat produk berkualitas.

Adapun untuk pilihan hunian dengan harga yang baik, berikut beberapa kayu yang kuat untuk membuat kusen berkualitas. Pertama, kayu jati, lalu kayu kamper, akasia dan banyak lagi jenis kayu yang baik.

Related posts