Tutup Akhir Tahun 2013 - Penjualan Suzuki Meningkat

 

 

 

NERACA

Industri otomotif Indonesia di tahun 2012 berhasil membukukan penjualan tertinggi secara whole sales sebesar 1,1 juta unit dari tahun sebelumnya. Dengan catatan tersebut, kompetisi ketat di industri otomotif mewarnai perjalanan industri otomotif sepanjang tahun 2013.

Tahun 2013 ini ditandai oleh kebijakan pemerintah diluncurkan secara resmi, yaitu  program Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi & Harga Terjangkau (KBH2), atau Low Cost Green Car (LCGC). Kebijakan KBH2 membawa stimulus positif bagi industri otomotif nasional, namun juga reaksi beragam.

Kompetisi yang ketat dan lahirnya kebijakan KBH2 nyatanya berhasil meningkatkan penjualan otomotif nasional di tahun 2013 sekaligus memecahkan rekor angka penjualan nasional, yang sebelumnya diraih di tahun 2012.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sampai dengan November 2013, penjualan secara whole sales mencatatkan angka 1.132.174 unit, melampaui pencapaian tahun 2012 dengan angka 1.116.230 unit. Angka tersebut diprediksi masih dapat meningkat sampai dengan akhir tahun 2013. Menurut perkiraan Suzuki, mencapai 1.225.000 unit.  

PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku Agen Pemegang Merk (APM) Suzuki di Indonesia berhasil mencetak kenaikan penjualan secara nasional sebesar 148.967 unit terhitung sejak periode Januari hingga November 2013, dengan market share sebesar 13,2%, atau naik 17% dibandingkan dengan market share Suzuki pada tahun 2012 sebesar 11,3%.

Jumlah penjualan akan terus mengalami kenaikan di akhir bulan Desember 2013 ini, total perkiraan mencapai ± 162.500 unit dengan Market Share 13,3%, yang berarti akan naik sebesar 18% dari tahun 2012, yakni 11,3%. Pencapaian penjualan selama tahun 2013 ini tentunya mencapai target Suzuki Indonesia, yaitu Market Share sebesar 13,3% atau 160.000 unit.   

“Peningkatan tersebut membawa Suzuki berada di posisi ke-3 dalam penjualan nasional sepanjang tahun 2013. Posisi tersebut naik 1 (satu) peringkat dibandingkan tahun lalu  yang berada pada posisi ke-4,” tutur Seiji Itayama, 4W Managing Director PT SIS.

Menurutnya, keberhasilan Suzuki Indonesia selama tahun 2013 merupakan bukti komitmen Suzuki untuk selalu memberikan yang terbaik bagi calon konsumen dan konsumen Suzuki.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai program penjualan yang menarik calon konsumen, produk-produk Suzuki yang unggul, pengembangan dan peningkatan kualitas jaringan penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia, serta layanan purna jual yang terdapat di jaringan Bengkel Resmi Suzuki. Hal - hal tersebut bertujuan memberikan kemudahan bagi seluruh calon konsumen dan konsumen Suzuki.

 

 

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…