Sambut Libur Panjang, XL Perkuat Jaringan

Dalam rangka memberikan kenyamanan dan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan, PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus berkomitmen meningkatkan pelayanan jelang libur panjang akhir tahun. Pasalnya, jaringan PT XL Axiata Tbk (XL) siap melayani peningkatan trafik layanan baik voice, SMS, maupun internet dan data. Kesiapan jaringan termasuk meliputi kota-kota besar, serta daerah tujuan wisata termasuk di luar Jawa.

Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan mengatakan, seperti halnya Lebaran, biasanya rutin setiap tahun trafik selama liburan panjang akhir tahun, termasuk Natal dan Tahun Baru, selalu meningkat, baik untuk voice, SMS, maupun data serta internet,”Untuk itu, kami pun sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan jaringan sebaik mungkin di seluruh wilayah layanan XL, termasuk daerah-daerah di luar Jawa, agar pelanggan tetap nyaman dalam menghadapai liburan panjang nanti,”ujarnya dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Maka untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut, Ongki menambahkan, XL sudah mulai mempersiapkan jaringannya dengan antara lain menaikkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat. Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 545 juta menit. Sementara untuk trafik SMS adalah 705 juta SMS, dan trafik data sebesar 250 Terabytes.

Menurutnya, diperkirakan sepanjang liburan panjang Natal dan Tahun Baru nanti akan terjadi lonjakan trafik hingga 5-10% dari trafik normal sehari-hari. Jaringan XL didukung oleh teknologi yang canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Inovasi ini telah diterapkan XL sejak lebih dari 3 tahun terakhir.

Untuk Kawasan Timur Indonesia, VP XL North Region, Habib Mustain menyatakan kapasitas jaringan XL siap menerima lonjakan trafik hingga sekitar 2 kali dibandingkan hari-hari biasa. Sementara itu, untuk area tertentu, termasuk jalur utama pulang kampung, antara lain Tomohon, Manado, serta beberapa kota di Papua, XL juga sudah mengantisipasi kenaikan trafik semua jenis layanan. (bani)

Related posts