Pefindo Sematkan Peringkat AAA EBA BTN

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat AAA untuk sertifikat Efek Beragun Aset (EBA) kelas A yang diterbitkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) EBA Danareksa BTN04- KPR BTN (DBTN04) senilai Rp928 miliar. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Kata analis Pefindo Hendro Utomo, peringkat tersebut mencerminkan profil aset yang sangat baik dan profil yang kuat dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) yang mendapat peringkat idAA dengan prospek stabil, “Selain itu, adanya credit enhancement dalam bentuk EBA kelas B dan cadangan likuiditas dari PT Sarana Multigriya Finansial,”ujarnya.

Kendati demikian, dia mengatakan, peringkat tersebut dibatasi adanya potensi pelemahan kemampuan keuangan dengan meningkatnya porsi seri EBA kelas A dengan durasi lebih panjang.

Sementara itu, KIK EBA DBTN04 tersebut telah mendapat penyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 17 Desember 2013. KIK EBA ini merupakan transaksi ke-6 sejak dilaksanakan kali pertama pada 11 Februari 2009. KIK EBA tersebut berasal dari kumpulan aset yang disekuritisasi senilai Rp1 triliun dengan tanggal cut off pada 2 Desember 2013. Adapun, kupon bunga KIK EBA DBTN04 dibagi menjadi dua seri, dimana seri A1 sebesar 8,9% dan seri A2 sebesar 9,5%. (bani)

Related posts