Tingkatkan Layanan, XL Tuntaskan Modernisasi Jaringan

Komitmen PT XL Axiata Tbk (EXCL) untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan terus dilakukan dan salah satunya dengan menuntaskan proses modernisasi jaringannya di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Vice President Project Management Officer XL, Agus Simorangkir mengatakan, pada modernisasi jaringan ini diterapkan teknologi penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah ”Single RAN”, ”Keuntungan penerapan teknologi ini adalah hemat listrik hingga 70%, penggunaan ruangan yang semakin kecil serta pengoperasiannya yang semakin mudah”,ujarnya.

Menurutnya, sebagai operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia, perseroan terus beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju dan berkembang saat ini. Salah satunya adalah dengan modernisasi jaringan yang telah dilakukan sejak tahun lalu di berbagai wilayah Indonesia, “Hal ini adalah langkah strategis yang kami ambil untuk terus menjadi yang terdepan dalam layanan tekomunikasi, terutama layanan data,”tandasnya.

Saat ini, proyek tersebut selesai dikerjakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan sekaligus mengantisipasi lonjakan trafik pada libur Natal 2013 dan tahun baru 2014. Disebutkan, pada proyek ini XL melakukan modernisasi terhadap 750 RBS (Radio Base Station) 2G eksisting serta mengganti 1080 RBS 3G lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya.

Agus menambahkan, proses modernisasi jaringan XL di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dikerjakan sejak April 2013 yang lalu. Proses ini dimulai dari Solo kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di kedua provinsi. Secara lebih spesifik, proses modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi jaringan.

Saat ini jumlah pelanggan XL di seluruh area Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sudah lebih dari 4 juta dengan jangkauan pelayanan hingga ke kecamatan-kecamatan. Ke depan XL akan terus memperluas jaringannya untuk melayani lebih banyak lagi kebutuhan komunikasi masyarakat dan memberi kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. (bani)

BERITA TERKAIT

Bank SulutGo Ekspansi Layanan Digital dengan Korpri

    NERACA   Manado - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo) melakukan ekspansi layanan digital dengan Koperasi…

LAYANAN INTERNET

Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P. Lampe (ketiga dari kiri) menyerahkan miniatur pesawat Garuda Indonesia kepada Direktur Utama Mahata Aero…

Bank Kalteng Tingkatkan Kredit Produktif

    NERACA   Kalteng - PT Bank Kalimantan Tengah meningkatkan penyaluran kredit produktif untuk memacu kinerja perekonomian daerah sesuai…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

BEI Suspensi Saham Shield On Service

Setelah masuk dalam pengawasan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) lantaran terjadi peningkatan harga saham di luar kewajara, kini BEI menghentikan…

Gugatan First Media Tidak Terkait Layanan

Kasus hukum yang dijalani PT First Media Tbk (KBLV) memastikan tidak terkait dengan layanan First Media dan layanan operasional perseroan…

Strategi Hilirisasi - Pabrik Feronikel Antam Rampung Akhir Tahun

NERACA Jakarta – Komitmen PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menjalankan strategi hilirisasi terus dilakukan dengan pembangunan pabrik Feronikel Haltim dengan…