Keuntung Bisnis Lidah Buaya Makin Menggiurkan - Diolah Menjadi Makanan dan Minuman

Keuntungan dari hasil bisnis ini sangat menggiurkan, kreativitas serta kemampuan seseorang untuk membuat produk makanan dari lidah buaya sangat menentukan kesuksesan bisnis produk makanan berbahan dasar lidah buaya.

NERACA

Lidah buaya, nama tanaman ini rasanya mungkin sudah todak asing lagi di telinga kita. Tanaman yang akrab disapa Aloevera merupakan tanaman yang bisa kita temuai di sekeliling kita. Mungkin dulu, kita akrab dengan tanaman ini sebagai produk untuk perawatan rambut. Tetapi lambat laun, pemanfaatan lidah buaya telah bergesar, kini tanaman itu mulai dikonsumsi masyarakat. Bahkan kabarnya, khasiat mengonsumsi daun tanaman ini sangat menyehatkan.

Ya, tanaman ini mempunyai banyak khasiat bagi yang mengonsumsinya, penyakit panas dalam dan lain sebagainya dipercaya akan hilang usai mengonsumsi daun tanaman ini. Makanya, jangan heran kalau hingga sekarang ini lidah buaya mulai dilirik para pengusaha kuliner untuk membuat aneka kreasi makanan berbahan dasar daun lidah buaya.

“Kalau saya paling suka lidah buaya yang dibuat seperti sari kelapa dan dipotong-potong membentuk dadu. Karena sangat berkhasiat untuk menghilangkan panas dalam, selain itu rasanya juga sangat menyegarkan ketika diminum bersama segelas es sirop,” sebut Rizka, wanita yang sejak tiga bulan lalu jatuh cinta pada sari dauh lidah buaya.

Pada kenyataannya, mungkin tak hanya Rizka saja yang menyukai makanan berbahan dasar lidah buaya. Tetapi ratusan orang atau bahkan ribuan orang sangat menyenangi produk makanan dan minuman dari lidah buaya. Sontak, ini memberi peluang tersendiri bagi para pengusaha yang ingin bergerak disektor makanan dan minuman. Selain itu, tanaman lidah buaya dapat cukup mudah tumbuh di Indonesia, karena negara ini memiliki iklim tropis yang sangat cocok untuk tanaman seperti lidah buaya untuk tumbuh dengan baik.

Lantas, kenapa harus makanan? Memang lidah buaya begitu beragam manfaatnya. Sehingga tanaman ini tak hanya bisa dijadikan makanan saja. Sebut saja produk perawatan tubuh, perawatan rambut banyak yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya. Tetapi, karena untuk pengolahan lidah buaya menjadi makanan masih sedikit pemainnya, maka boleh dibilang membuat makanan dari tanaman ini mempunyai nilai ekonomi tinggi dan peluangnya sangat menguntungkan.

Salah satu makanan olahan dari tanaman ini adalah sari lidah buaya, dodol lidah buaya, dan kerupuk lidah buaya, seperti yang sudah digarap dan memberi keuntungan pada seorang pelaku usaha di luar Jakarta. Bakan, produk kerupuk lidah buaya tidak hanya dipasarkan di pasar lokal saja tetapi sudah diminati pembeli sampai di Brunei, Malaysia, dan Singapura.

Ya, tanaman ini bukan hanya dalam enak dijadikan makanan saja, tetapi juga sangat segar dan menyehatkan untuk diolah menjadi minuman. Dengan teknik pengolahan sederhana kulit lidah buaya dikeringkan dan mengkonsumsinya seperti minuman teh. Yang jelas, produk makanan dan minuman yang telah disebutkan tadi hanyalah sedikit dari banyak hasil olahan tanaman lidah buaya, karena Anda bisa saja mengkreasikannya dengan ide-ide cemerlang Anda dan menghasilkan olahan yang dicari banyak kalangan.

Investasi Usaha

Kalau Anda ingin membudidayakan tanaman ini tentunya akan lebih baik lagi bagi usaha. Yang dibutuhkan adalah perawatan yang baik seperti memberi pupuk pada tanaman lidah buaya sehingga mampu menghasilkan daun yang panjang dan besar. Panjang daun lidah buaya dapat mencapai 60 cm bila dilakukan pemupukan yang tepat dan ditanam di tanah yang subur. Harga daun lidah buaya dengan kualitas baik cukup tinggi yakni bisa mencapai Rp4000/Kg.

Tentunya, harga makanan atau minuman olahan dari lidah buaya lebih mahal daripada harga jual daun lidah buaya. Karena sudah ada pertambahan nilai pada olahan yang dibuat. Seperti minuman lidah buaya sangat cocok dikombinasikan dengan sari lemon dan lain sebagainya. Segalasminuman ini dapat dijual seharga Rp5000. Kebayang bukan keuntungannnya? Selamat mencoba peruntungan Anda di bisnis makanan dan minuman olahan lidah buaya.

Related posts