Wisata Selam Indonesia - Tujuan Wisatawan Dunia

Keindahan alam Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, berlibur pun tidak perlu jauh-jauh lagi, cukup di Indonesia saja. Bentangan alamnya yang luas dan indah dijadikan tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara. Belum lagi keindahan tradisi dan kebudayaan yang masih terjaga dengan baik hingga kini, membuat kebudayaan Indonesia menjadi warisan tradisi dan budaya dunia yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Wisata selam mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Indonesia memiliki beberapa tujuan wisata selam oleh wisatawan dunia.

Indonesia memiliki keindahan bawah laut yang berbeda dengan laut-laut yang lainnya, dari terumbu karang hingga ikan-ikan dan moluska yang susah ditemui di laut di negara lain. Di kelilingi dua samudra yaitu Pasifik dan Hindia hingga tidak heran bila Indonesia memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata selam di Indonesia yang menjadi tujuan wisata selam di dunia.

Papua, Kepulauan Raja Ampat

Kehidupan bawah laut di sini belum terganggu dan berharap akan demikian seterusnya. Lokasi tepat untuk menikmati ikan dan terumbu karang juga aneka relic dari Perang Dunia II. Lebih dari 540 jenis karang keras (75% dunia), 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska siap dieksplorasi dan dinikmati keindahannya. Beberapa daya tarik utamanya adalah karang dinding berposisi hampir vertikal, laguna dengan kanal-kanal, gua sampai aneka hiu jinak. Dan ada Sekitar 65 bangkai kapal dan 35 bangkai pesawat peninggalan PD II makin memperkaya dunia bawah laut Raja Ampat. Pesona bawah laut Kepulauan Raja Ampat mampu menghipnotis para penyelam.

Nusa Tenggara Timur, Komodo, Rinca

Lokasi yang komplit, dengan keanekaragaman terumbu karang dan biota laut berpadu dengan arus kuat menjadi tantangan tersendiri dalam mengunjunginya. Atraksi utamanya hiu paus, pari manta, aneka bentukan atau formasi dasar laut sampai dinding dan cerukan terumbu karang. Warna-warna indah menjadikan suasana bawah laut makin cantik. Pari mata bintik putih mirip elang (Aetobatis narinari) berbentang sirip 2,3 meter bisa ditemukan di perairan ini. Apel laut atau tripang merah (Pseudocolchims violaceus), spotfin lionfish (Pteoris antennata), firefish (Nemateleotris magnified). Napoleon wrasse dan moray eels (Gymnothoraxfimbriatus) juga ada.

Sulawesi Utara, Selat Lembeh, Bitung

Ditempat ini banyak biota berbentuk aneh yang jarang ada di tempat lain, ditambah lagi dengan ekowisata Tangkoko, Batuangus, Dua Saudara. Kediaman satwa langka Tarsius, burung Maleo dan monyet hitam - yang kerap disebut sebagai 'yaki' oleh penduduk lokal. Pantainya berpasir hitam, karena berasal dari batu vulkanik. Selat Lembeh terkenal untuk muck diving, menyelam sambil jeli mengamati dan mencari-cari para biota penyamar di dasar pasir dan surga bagi fotografi bawah laut jenis makro.

Sulawesi Utara, Kepulauan Bunaken

Kemudahan untuk menuju lokasi ini membuatnya terpilih sebagai salah satu situs selam terbaik. Keanekaragaman penghuni lautnya begitu kaya. Keindahannya pun tak diragukan lagi. Bila tak ingin menjadikan pulau-pulau itu sebagai markas selama penyelaman, bisa memilih tinggal di beberapa desa pesisir dekat Manado, seperti Tongkaina dan Molas. Lalu berperahu tiap hari ke titik penyelaman.

Suguhan utama adalah dinding curam (drop-off) hanya beberapa meter lepas pantai Liang. Terumbu karang tergolong sehat. Namun tidak hanya beberapa tempat ini saja, masih banyak lagi tempat menyelam di Indonesia yang menjadi tujuan menyelam dunia, selamat berlibur.

Related posts