Festival Taka Bonerate 2013 - Lomba Memancing, Festival Kuliner Hingga Olahraga Air

Memang tidak banyak yang mengenal tempat yang sangat indah ini, alamnya yang masih terjaga alami membuatnya menjadi harta karun yang tersembunyi. Tempat itu adalah Taman Nasional Taka Bonerate di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan merupakan kawasan terumbu karang (atol) terluas se-Asia Tenggara. Tempat indah ini akan dipromosikan lebih luas dengan helatan megah bertajukFestival Taka Bonerate 2013. Acara berlangsung pada23 - 29 November 2013bertempat di kawasan Taman Nasional Taka Bonerate.

Festival tersebut akan menyajikan berbagai kegiatan menarik di antaranya ada lomba memancing internasional (profesional dan tradisional), festival kuliner tradisional masyarakat maritim, atraksi permainan rakyat, panggung hiburan serta acara pendukung lainnya seperti pameran, lomba fotografi, atraksiparacycling, selancar angin, danjetski. Di Taka Bonerate sendiri terdapat sekitar 295 jenis ikan karang dan berbagai jenis ikan konsumsi yang bernilai ekonomis tinggi seperti kerapu (Epinephelus spp.),cakalang (Katsuwonus spp.),Ikan Napoleon(Cheilinus undulatus), danbaronang(Siganus sp) dan sebanyak 244 jenis moluska.

Taka Bonerate, bersama dengan Kepulauan Wakatobi, Ambon, Banda dan Raja Ampat, Bunaken serta Derawan di Kalimantan berada di kawasanCoral Triangle Intiative(CTI) yang membentang dari Kepulauan Solomon di bagian timur ke Filipina di bagian utara, lalu ke Bali, Lombok, Komodo, Flores dan Laut Sawu di selatan. Taka Bonerate merupakan kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maldives. Seluas 220.000 hektar dari keseluruhan luas taman merupakan hamparan atol dan laguna.

Pulau Selayar menjadi pintu gerbang menuju taman nasional yang memiliki luas 530.765 hektare tersebut. Dari Selayar membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam dengan menggunkan kapal dari Benteng ke Pulau Tinabo, pusat kota Taka Bonerate. Sejak Tahun2005Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan keUnesco untuk menjadiSitus Warisan Dunia. Dalam rangkaian Hari jadi Kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajukSail Taka Bonerate atau sebelumnya disebutTakabonerate Island Expedition (TIE).

Sebelumnya, untuk sampai ke Selayar dan Taka Bonerate, kita harus mengambil penerbangan ke Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan. Karena Makassar adalah hub udara untuk kawasan Timur Indonesia, hampir semua operator domestik di Tanah Air menjadwalkan penerbangan ke Makassar. Perjalanan dari Makassar dilanjutkan ke Kepulauan Selayar dengan menggunakan bus umum yang berangkat pukul 9 pagi. Rute perjalanan melewati Bira di Kabupaten Bulukumba, kemudian menyembrang ke Selayar dengan menggunakan kapal ferry.

Related posts