Tips Hemat Energi di Rumah

Hemat energi sudah seharusnya dilakukan oleh setiap orang. Selain ramah lingkungan, hemat energi dapat menghemat pengeluaran Anda.Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat energi di rumah Anda.

Ubah kebiasaan

Hal terpenting yang bisa dilakukan untuk menghemat energi adalah mengubah kebiasaan tertentu. Misalnya, cuci baju dengan menggunakan air dingin, bisa menghemat 50% energi dibandingkan mencuci dengan air panas. Matikan keran air saat menggosok gigi dan perbaiki semua keran air yang bocor atau tetap menetes saat sudah dimatikan. Kebiasaan ini mampu menghemat ribuan galon air per tahunnya. Jangan lupa juga untuk mematikan alat-alat elektronik yang tidak dibutuhkan, seperti televisi, radio, atau komputer. Selalu cabut kabel charger saat tidak digunakan juga salah satu cara menghemat listrik.

Gunakan lampu hemat energi

Ganti lampu di rumah dengan lampu neon hemat energi, yang hanya menggunakan 35% dari energi lampu pijar biasa. Saat siang hari, buka tirai rumah Anda untuk menggunakan sinar matahari sebagai penerangan alami dan matikan lampu saat meninggalkan ruangan.

Irit penggunaan AC

Tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis pasti Anda terbiasa menggunakan pendingin ruangan atau AC. Tapi, pastikan jangan sampai AC terus menyala sepanjang hari. Nyalakan AC di waktu-waktu yang Anda rasa paling penting, entah itu siang atau malam hari. Selain itu, hindari memilih suhu terendah yang juga boros energi. Secara rutin lakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau kerusakan, untuk menghindari pemborosan akibat AC rusak.

Buat Jadwal penggunaan Listrik

Buat sistem pencahayaan yang baik sehingga tidak perlu menghidupkan lampu di siang hari. Buat jadwal mencuci dalam satu minggu, dan gunakan mesin cuci sesuai kapasitas, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. gunakan pengering bila hanya benar-benar perlu. Buat jadwal menyetrika seminggu sekali, karena proses pemanasan setrikaan memerlukan daya listrik yang cukup besar. Bersihkan kulkas secara rutin agar kinerja kulkas tetap optimal. Isi secukupnya, jangan dibuka tutup terlalu sering dan tutup dengan rapat. Perhatikan meteran listrik dan segera evaluasi jika terjadi lonjakan penggunaan.

Desain Hunian

Ventilasi yang cukup dan dengan posisi tepat akan memperlancar sirkulasi udara dalam ruang agar tidak pengap dan lembab. Gunakanlah ventilasi silang, yaitu membuat ventilasi di sisi ruang yang berseberangan agar udara mudah mengalir. Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah merancang peletakan lampu dengan pertimbangan optimalisasi. Misalnya, usahakan menaruh satu lampu di tengah ruangan agar cahayanya bisa menerangi seluas-luasnya ruang dan tidak perlu memasang banyak lampu sekaligus.

Related posts