Indofood Agresif Garap Bisnis Pelayaran

NERACA

Jakarta- PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) pada tahun ini bisa dibilang cukup agresif mengembangkan usaha. Tidak hanya menyelesaikan akuisisi, perseroan kembali mendirikan perusahaan baru melalui anak usahanya yaitu Pacsari Pte. Ltd. yang bergerak dalam bidang usaha pelayaran.

Sekretaris Perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Werianty Setiawan mengatakan, perusahaan yang baru saja didirikan perusahaan tersebut diberi nama Boga Indah Pte. Ltd. “Perusahaan ini didirikan dengan modal disetor sebesar US$100.000 yang seluruhnya diambil-bagian dan disetor oleh Pacsari Pte. Ltd.” kata Werianty dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (7/11).

Selain mendirikan perusahaan tersebut, diketahui perseroan telah mendirikan anak usaha yang bergerak pada bidang yang sama pada 19 Juli 2013 melalui anak usahanya Pacsari Pte Ltd. Anak usaha yang bergerak di bidang pelayaran ini dinamakan Sari Indah Pte Ltd. Perusahaan ini pun didirikan dengan modal disetor sebesar US$100 ribu yang seluruhnya diambil-bagian dan disetor oleh Pacsari Pte Ltd.

Di samping melebarkan sayap di bidang tersebut, PT Indofood Sukses Makmur Tbk melalui anak usahanya yaitu Indofood Agri Resources Ltd telah menyelesaikan akuisisi grup CMAA pada 25 Juni 2013. Indofood Agri Resources Ltd telah membeli grup Comphania Mineira de Acucar e alcool Participacoes (CMAA) dan entitas anaknya sekitar US$66,6 juta.

Dengan akuisisi ini, grup CMAA telah menjadi entitas patungan perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 50%. Sebelumnya pada awal Januari 2013, perseroan menyampaikan keterbukaan informasi kalau perseroan telah mendirikan anak usaha di Singapura untuk merealisasikan rencana akuisisi grup CMAA.

Seluruh saham anak usaha yang bernama IFAR Brazil Pte Ltd. Selanjutnya, perusahaan tersebut mendirikan Indo Agri Brazil Participacoes Ltd yang seluruh sahamnya dimiliki oleh IFAR Brazil. Pada 26 Januari 2013, perjanjian tentang rencana akuisisi tersebut telah ditandatangani oleh sejumlah pihak, seperti Indo Agri Brazil, Apia Sp Participacoes, anak usaha dari JF Citrus Agropecuaria Ltda (JF Group), ZAM Ventures, dan Fundo de Investimento em Participacoes PCP.

Sementara untuk meningkatkan kinerjanya, manajemen perseroan sebelumnya mengaku akan membangun lima pabrik pengolahan kelapa sawit dan perluasan dua unit pabrik yang selama ini dimiliki perseroan. Untuk mendanai pembangunan pabrik tersebut perseroan menganggarkan belanja modal sebesar Rp 7 triliun.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Thomas Tjhie mengatakan, belanja modal sebesar Rp 7 triliun akan digunakan sebanyak 40% untuk sektor agribisnis, Rp 2 triliun untuk Bogasari dan PT Indofood CBP berserta anak usahanya dan sisanya untuk perkuat distribusi, “Sebagian besar sumber dananya dari kas internal perusahaan,” ujarnya.

Targetnya, dua unit pabrik tersebut dapat diselesaikan di tahun ini dengan kapasitas produksi masing-masing pabrik sebesar 45 ton per jam dan 80 ton per jam. Sedangkan dua unit pabrik baru lainnya akan dibangun di tahun depan. (lia)

Related posts