Perhitungan Bisnis Sepatu

Kalau untuk soal keuntungan bisnis sudah tak perlu diragukan lagi, sepatu lokal berkualitas dapat memberi keuntungan begitu besar kepada Anda. Tetapi masalahnya, apa bisa usaha ini dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar? Untuk tahu lebih jauh, berikut ini perhitungan investasinya.

Untuk modal tak perlu besar, dengan dana Rp10 juta usaha ini bisa berlangsung. Dengan dana tersebut Anda gunakan untuk membeli mesin gerinda dan mesin seset kulit. Anda juga harus mengeluarkan biaya sebesar untuk membeli bahan kulit kurang lebih sebanyak 10 kg, untuk 1 kg-nya biasanya berharga Rp. 170.000.

Begitu juga dengan pembelian bahan sintetis, sebagai modal awal yang dibutuhkan adalah 30 m, untuk satu meternya biasanya berharga Rp90.000. Bahan lainnya seperti lem, outsole, insole, hak dan aksesoris lainnya Rp2.000.000. Sementara untuk gaji dua orang pegawai Rp3.600.000, dan Rp2.400.000 untuk biaya telepon dan listrik.

Dari perhitungan di atas, modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini kurang lebih sebesar Rp20.000.000. Dengan perhitungan 10 kg bahan kulit bisa memproduksi 20 pasang sepatu dengan harga yang ditawarkan berkisar Rp500.000, bahan sintetis untuk memproduksi 80 pasang sepatu dengan harga yang ditawarkan berkisar Rp200.000.

Maka dapat katakan omset produksi sepatu bisa mencapai Rp. 26.000.000. Angka ini diperoleh dari penjualan (katakanlah)20 pasang sepatu dikali Rp500.000. Rp. 10.000.000 untuk penjualan 80 pasang sepatu seharga Rp200.000.

Tetapi tetap saja, kalau ingin produk Anda diterima pasar, sebaiknya pelaku usaha juga melakukan riset pasar sebelum membuat desain sehingga benar-benar mengetahui desain yang disukai konsumen dan menekan risiko produk tidak laku terjual.

Tak hanya itu, target pasar sepatu kualitasnya juga sebaiknya menyasar kelas menengah atas mengingat sepatu ini bisa menjadi pilihan dengan menawarkan kenyamanan dan kualitas serta desain tak kalah dengan sepatu branded.

Karena sepatu ini berbeda dengan apa yang dicari dari kalangan menengah ke bawah, dimana harga sepatu yang murah masih menjadi daya tarik utama meskipun kualitas serta daya tahan sepatu kurang bagus.

Selain itu, Anda juga harus pintar membuat desain esklusif dan limited edition untuk sepatu yang Anda produksi, Pasalnya, kini yang dicari adalah produk sepatu lokal berkualitas dan desain mengikuti tren sepatu branded. Ya, sepatu macam ini bahkan mampu menjaring konsumen kelas atas. Tak heran jika omzet yang bisa diraup dari bisnis sepatu lokal kelas premium ini mencapai ratusan jutaan rupiah per bulan.

Related posts