Teluk Kiluan - Menyapa Ribuan Lumba-lumba Dari Dekat

Menyaksikan mamalia laut cerdas yang melompat-lompat di dekat perahu kita pasti sangat menyenangkan. Siapa yang tidak menyukai lumba-lumba. Ikan lucu ini memang memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. Menyaksikan hewan ini bebas dan berlompat-lompatan didekat kita pastilah menjadi keseruan yang tak terlupakan.

Keindahan atraksi sekelompok lumba-lumba di alam bebas dapat kita saksikan langsung di sebuah teluk yang mewakili tipikal keindahan teluk tropis Nusantara di Lampung. Tepatnya berada di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus,Provinsi Lampung. Di Teluk Kiluan, pemandangan lumba-lumba yang berparade itu dilatari langit biru dan air laut jernih, serta tentunya hamparan pasir putih bersih di bibir pantainya.

Teluk ini merupakan jalur migrasi dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba mulut botol (Tursiops truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Jumlah hewan menakjubkan tersebut yang melintas di teluk ini diperkirakan mencapai ribuan. Konon, jumlah lumba-lumba yang melintasi Teluk Kiluan adalah jumlah terbesar di dunia.

Berjarak sekira 80 km dari Kota Bandar Lampung, teluk yang indah dan tenang tersebut tidak hanya menarik wisatawan lokal tetapi juga mancanegara. Beberapa wisatawan menyebutkan bahwa atraksi lumba-lumba di Teluk Kiluan lebih eksotis dibandingkan dengan atraksi lumba-lumba diPantai Lovina,Bali. Di Bali, hanya terdapat satu jenis saja lumba-lumba yang melintas di sana. Atraksi lumba-lumba di teluk ini hampir dapat disaksikan setiap hari, tentunya dengan mengingat faktor cuaca.

Tak perlu susah mencari lumba-lumba, sebab lumba-lumba ini biasanya akan mendekati perahu seolah ingin unjuk kebolehan dan menyambut kedatangan tamu dengan bersahabat. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari pantai. Perahu sewaan yang biasa digunakan adalah jenis perahu ketinting yang biasa disebutjukungoleh masyarakat lokal. Perahu bercadik berukuran kecil ini hanya boleh ditumpangi maksimal 3 orang ditambah 1 orang pemandu yang juga merangkap sebagai tukang perahu.

Menyaksikan atraksi lumba-lumba adalah daya tarik utama Teluk Kiluan. Dengan menyewa perahu cadik (jukung) seharga Rp250.000 hingga Rp300.000, kita sudah akan bisa melihat dari dekat tarian dan lompatan puluhan bahkan ratusan lumba-lumba yang bersahabat dan bahkan dapat disentuh. Mereka senang melompat dan berenang di sisi perahu yang datang, seolah ingin menyambut kedatangan tamu.

Keistimewaan lainnya, Teluk Kiluan menyuguhkan pemandangan memesona. Menikmati alam pantai tropis di pantai sekitar teluk adalah kegiatan rekreasi yang menarik untuk dilakukan baik bersama kerabat maupun sahabat. Sebagian besar pantai di kawasan Lampung memang terkenal akan pesona pantainya yang berpasir putih bersih. Air laut di teluk ini juga masih jernih dan bersih dengan warna biru toska. Kita dapat berenang atausnorkelingtak jauh dari garis pantai.

Kini Teluk Kiluan semakin memikat dengan beberapa keindahan alam baru yang baru bagi wisatawan seperti Karang Pegadung yang pesonanya dikatakan mengalahkan Phi Phi Island Thailand. Ada juga laguna dan pasir putih yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan alam lain di teluk ini adalah pesona sunset (matahari tenggelam). Jangan lupa mengabadikannya dengan kamera.

Berkeliling di sekitar kawasan teluk dengan perahu sewaan juga menarik dilakukan. Apalagi masih di tengah teluk, terdapat sebuah pulau yang dinamakan Pulau Kiluan. Untuk informasi lebih lengkap tentang pulau ini dapat dibaca di bagian “Berkeliling”. Untuk event berkala, Kiluan Fishing Week dapat masuk dalam agenda wisata Anda. Kegiatan ini biasanya berlangsung pada bulan Agustus.

Related posts