Konsumsi Susu Kalsium Tinggi

Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Sabtu, 26/10/2013

NERACA

Kalsium merupakan unsur mikro yang memiliki peranan penting bagi manusia untuk menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

Dr. Dr. Fiastuti Witjaksono, dari Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/ RSCM mengatakan, ketika tubuh kekurangan asupan kalsium, darah akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi. Ketika kejadian ini terus berlangsung bertahun-tahun, terjadilah yang namanya osteporosis.

“Osteoporosis merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan kekurangan kalsium sehingga tulang menjadi keropos,” tuturnya. Angka kejadian osteoporosis di Indonesia cukup tinggi. Dua dari lima orang Indonesia berisiko tinggi terkena osteoporosis.

Fiastuti mengatakan, sangat penting melakukan pencegahan osteoporosis melalui pola makan sehat dengan memperhatikan komposisi protein, kalsium dan vitamin D, melakukan aktifitas sehat dan terkena paparan sinar matahari. “Kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 1000mg untuk usia 19-50 tahun, dan 1200mg untuk usia diatas 50 tahun. Konsumsi susu kalsium tinggi dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis,” tuturnya.

Menurut dia, selain memakan makanan yang kaya akan kalsium, sangat disarankan untuk rutin minum susu tinggi kalsium. Konsumsi susu dengan kalsium tinggi sangat membantu tubuh dalam mencukupi kalsium.

Hal ini dikarenakan kita tidak bisa sepenuhnya mengontrol makanan kita apakah kalsiumnya cukup atau tidak. Untuk dapat membantu pemenuhan kalsium maka kita memerlukan susu dengan kalsium tinggi.

Dukung Bebas Osteoporosis

PT. Fontera Brand Indonesia, melalui produk ANLENE terus melakukan dukungan terhadap realisasi program Komitmen Jakarta Bebas Osteoporosis yang telah dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Ir. Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Osteoporosis Nasional 2012 lalu di Monas. Fontera Brand Indonesia pun menggandeng kerjasama dengan Departemen Ilmu Gizi Universitas Indonesia.

Komitmen ini merupakan bagian dari Kampanye Generasi Bergerak 2 Minggu untuk Indonesia lebih kuat, yang mengajak seluruh generasi Indonesia, tua muda, untuk bersama-sama bergerak melakukan pencegahan osteoporosis.

Arief Tjakraamidjaja, marketing manager Fontera Brands Indonesia mengatakan, kami sangat bangga dapat berperan aktif dalam mengimplementasikan program Komitmen Jakarta Bebas Osteoporosis.

Sejak tahun 2002, bersama dengan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) dan Kementrian Kesehatan RI, kami telah merintis upaya edukasi dan mempromosikan pencegahan osteoporosis kepada seluruh masyarakat Indonesia.