Tips Mendesain Rumah Mungil

Mendesain rumah yang mungil bukanlah perkara yang mudah, kita dituntut untuk memaksimalkan lahan yang ada, selain itu kita juga dituntut untuk pandai mengatur tata letak ruangan agar terasa nyaman. Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk membuat ruang di dalamdesain rumah mungil anda agar menjadi lebih lapang. Hasilnya, Anda akan menikmati suasana di dalam rumah yang lebih lega.

Atap yang tinggi

Jika ruangan Anda terbatas luasnya maka buatlah desain atap untuk rumah mungil anda lebih tinggi agar dapat memberi kesan ruang lebih lega karena adanya cukup ruang ke atas.

Kurangi Sekat

Sekat antar ruangan dapat membuat rumah terasa tidak lapang. Untuk itu, Anda dapat mengurangi penggunaan sekat. Misalnya tips berikut bisa diterapkan yaitu menghilangkan sekat antara ruang makan dengandapur.

Cahaya

Ruangan yang terang dapat menjadi salah satu cara agar ruangan lebih terlihat luas. Maka, desain ruangan rumah mungil Anda dengan pencahayaan yang cukup terang.

Warna cerah

Cat rumah, warna gorden atau furnitur sebaiknya menggunakan warna-warna yang terang. Warna putih pada tembok dapat menjadi salah satu pilihan untuk ruangan yang sempit. Atau jika Anda ingin menggunakanwallpaper pada dinding, pilihlah wallpaper dengan motif kecil.

Jendela besar

Agar pandangan lebih luas, Anda dapat menggunakan jendela ukuran besar pada bagian depan rumah. Dengan demikian, penghuni rumah dapat melihat area yang luas di luar rumah dengan mudah seperti taman atau jalan. Hal ini akan memberi kesan luas.

Cermin

Penggunaan cermin merupakan hal yang paling sering digunakan untuk memberi kesan luas pada ruangan. Dengan cermin, Anda seolah-olah memiliki ruangan yang dua kali lebih besar karena pantulannya.

Pilih Furnitur dengan Tepat

Memilih furniture seperti kursi, meja atau rak harus disesuaikan dengan desain rumah mungilnya . Pilihlah furniture yang simpel dan dalam ukuran yang kecil. Lalu cobalah pilih furnitur dengan warna yang menyerupai warna cat rumah Anda. Warna yang menyerupai cat tembok akan membuat kesan lebih luas.

Ruangan Multi Fungsi

Untuk menyiasati rumah agar dapat memenuhi fungsi yang ada, jadikan sebuah ruangan menjadi multi fungsi. Misalnya, ruangan tamu yang juga berfungsi menjadi ruang keluarga. Hal ini akan membuat ruangan lebih besar jika dilakukan penggabungan beberapa ruangan sekaligus.

Manfaatkan Ruang Kosong

Anda dapat memanfaatkan setiap bagian di rumah Anda yang masih kosong. Misalnya area di bawah tangga, biasanya kosong. Anda dapat meletakkan berbagai perlengkapan dan perkakas Anda di area bawah tangga.

BERITA TERKAIT

Rumah Zakat Luncurkan Gerakan Gelombang Wakaf - Tumbuhkan Minat Berwakaf

    NERACA   Jakarta - Rumah Zakat meluncurkan Gerakan Gelombang Wakaf. CEO Rumah Zakat Nur Efendi mengatakan bahwa gerakan…

Menteri LHK Resmikan IPAL Komunal Wetland-Biocord - Atasi Pencemaran Limbah Rumah Tangga dengan IPAL Komunal

Menteri LHK Resmikan IPAL Komunal Wetland-Biocord Atasi Pencemaran Limbah Rumah Tangga dengan IPAL Komunal NERACA Karawang - Menteri Lingkungan Hidup…

Pembangunan Rumah Murah Juga Tanggung Jawab Swasta

Pembangunan Rumah Murah Juga Tanggung Jawab Swasta NERACA Jakarta - Anggota Komisi V DPR Yoseph Umarhadi menyatakan, pembangunan rumah murah…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Perlu Memadukan

Perlu Memadukan "Land Banking" Dengan Skema ABCG NERACA Semarang - Pakar perumahan Asnawi Manaf memandang perlu memadukan program "Land Banking"…

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District - Kontrak Senilai Rp2 Triliun

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District Kontrak Senilai Rp2 Triliun NERACA Jakarta - Salah satu proyek properti multi fungsi…

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District - Kontrak Senilai Rp2 Triliun

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District Kontrak Senilai Rp2 Triliun NERACA Jakarta - Salah satu proyek properti multi fungsi…