New Honda Brio, The Real City Car

Memberikan Banyak Pilihan

Jumat, 18/10/2013

NERACA

Jakarta – Pasar penjualan industri otomotif dalam negeri masih di dominasi kendaraan serbaguna atau multi purpose vehicle (MPV), tak heran jika kendaraan segmen MPV masih menjadi tulang punggung penjualan para agen pemegang merek di Indonesia. Lambat laun, kendaraan jenis MPV akan tergeser kendaraan mobil compact atau city car yang saat ini pertumbuhannya cukup signifikan.

Meskipun data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan wholesales mobil jenis ini pada Juni 2013 hanya 4.140 unit turun 27,37% ketimbang bulan sebelumnya. Namun diyakini masih akan terus tumbuh. Hal inipun diakui, Domestic Marketing Division Head Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau yang mengatakan, pasar di Indonesia lama-kelamaan akan mengarah ke model citycar, meskipun saat ini orang Indonesia lebih doyan MPV atau mobil 7-penumpang.

Merespon legitnya pasar penjualan city car, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga ikut ambil bagian mengambil penjualan pasar city car dengan merilis Honda Brio hingga menjadi market leader di kelasnya.

Tercatat sejak diluncurkan Agustus tahun lalu, Honda Brio menjadi city car dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Dimana penjualan Honda Brio mencapai 8.002 unit, dengan pangsa pasar 19% yang merupakan terbesar di kelasnya. Selama 5 bulan dipasarkan di Indonesia, Honda Brio terus konsisten mencatat angka penjualan terbaik di setiap bulannya. Kini dengan mengusung konsep More Choices, More Excitement, New Honda hadir untuk mengulang kesuksesan penjualan Honda Brio sebagai market leader di segmen city car tahun ini.

New Honda Brio hadir dengan lebih banyak pilihan, yaitu New Brio A/T 1.2 L dengan fitur lengkap dan harga terjangkau, Brio Sports 1.3 L makin sporty, serta Brio Satya yang merupakan produk Low Cost Green Car (LCGC) berkualitas tinggi dari Honda.

Presiden Director PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida mengatakan, sambutan baik pasar terhadap Honda Brio tidak akan disia-siakan dan untuk memberikan produk yang terbaik bagi konsumen di segmen city car, Honda Brio akan terus dikembangkan dengan fitur yang lebih lengkap dan terjangkau, “Untuk memberikan produk yang terbaik bagi konsumen, kami terus melakukan pengembangan terhadap model Brio dengan menghadirkan varian-varian baru dengan fitur yang lebih lengkap dan harga yang terjangkau,"ujarnya.

Dia menambahkan, Brio Satya dirancang sebagai jawaban Honda untuk program LCGC yang dicanangkan pemerintah. Model ini sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 85%. Oleh karena itu, dirinya berharap, Honda Brio akan memberikan kontribusi positif bagi Honda dan industri automotif Indonesia secara umum. “Dengan tingginya TKDN pada BrioSatya, jumlah supplierlokal yang terlibat juga ikut meningkat, sementara aktivitas produksi juga akan menggerakkan perekonomian serta membuka lapangan kerja baru,”tandasnya.

Lincah Dan Bertenaga

Brio sendiri memiliki arti 'lincah' yang diambil dari bahasa Italia. Sesuai dengan namanya inilah, Brio diharapkan dengan lincah mengambil hati pasar mobil city car di Indonesia. Apalagi, Brio mengusung konsep mengangkut maksimum dengan mesin minimum. Sesuai dengan karakternya, mobil ini akan menyasar segmen anak muda di bawah Honda Jazz. Agar anak muda tertarik, Honda menyediakan tujuh pilihan warna dengan mengusung teknologi grade logic control dan shift hold control.

Dimana New Honda Brio 1.2 L A/T tersedia dalam enam warna menarik, yaitu taffeta white, alabaster silver metallic, srystal black pearl, polished metal metallic, serta dua warna baru yaitu rallye red dan sunset orange II.

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM menuturkan, kehadiran New Honda Brio akan memperlengkap pilihan masyarakat terhadap kendaraan city car yang modis, trendi, bertenaga dan terjangkau,”Dengan berbagai varian baru, Honda Brio akan memenuhi yang semua yang dibutuhkan dari sebuah city car, baik untuk first time buyer maupun additional car users. Berkat lokalisasi produksi yang dilakukan, kami dapat menawarkan Brio dengan fitur lengkap sekaligus harga terjangkau, sehingga kami yakin produk ini akan diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia,”tandasnya.

Dari sisi mesin, Brio sebenarnya mengusung mesin lebih besar dari kompetitornya. Honda memperkenalkan mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter dengan 4 silinder dengan tenaga 88 PS, yang terbesar di kelasnya. Didukung teknologi Drive By Wire (DBW), Grade Logic Control, dan Shift Hold Control, New Brio tak hanya bertenaga tetapi juga hemat bahan bakar dan telah memenuhi standar emisi EURO 4. New Honda Brio 1.2 L A/T menggunakan transmisi 5AT yang sporty dan juga responsif.

Untuk kenyamanan berkendara, terdapat pula fitur Tilt Steering yang memudahkan pengemudi untuk mengatur posisi tinggi rendahnya roda kemudi untuk mendapatkan posisi berkendara yang paling nyaman. Sementara, Electric Power Steering (EPS) berfungsi untuk membuat setir lebih ringan pada kecepatan rendah dan mantap pada kecepatan tinggi.

Dibanding Brio sebelumnya, model ini tampil dengan berbagai penambahan fitur pada bagian eksterior maupun interior. New Honda Brio juga lolos uji tabrak di Fasilitas Real World Crash Test Honda di Tochigi, Jepang.