Social Media Festival 2013 - “Dare to Share” 24 Jam

Sosial media kini memang menjadi salah satu kebutuhan penting. Lewat media sosial kita dapat berkomunikasi juga mengenal banyak orang dengan mudah dan cepat. Di Indonesia sendiri, media sosial berkembang sangat cepat. Selain agar tidak ketinggalan informasi, media sosial juga menjadi sarana untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu kegiatan ataupun mempromosikan suatu barang.

Menjadi kali ke-3, akhirnya Social Media Festival 2013 atau yang akrab disebut Socmedfest itu kembali digelar dengan mengusung tema “Dare to Share” selama 24 jam. Social Media Festival pada 2011 dan 2012 telah terbukti sukses mengumpulkan beragam komunitas serta penggiat media sosial untuk bertemu dan berinteraksi langsung.

Kembali diadakan difX Sudirman, acara ini diramaikan dengan berbagai kegiatan seru sepertimusic performance live, movie, auction, hingga kegiatan olah raga bersama memanfaatkancar free day. Acara ini sendiri telah berlangsung pada 12-13 Oktober 2013 ini diramaikan oleh 106 komunitas dan 9 perusahaan rintisan digital (startup).

Beberapa komunitas itu adalah Couch Surfing Indonesia, Komunitas Sepeda Kaskus, Ayosehat Indonesia, Kaskus Swimmer Community, Parkour Indonesia, dan Milis Sehat akan kembali hadir di SocMedFest2013 untuk menyebarkan semangat kesehatan para muda mudi Indonesia. Tidak ketinggalan Goodreads Indonesia, Rumah Baca Panter, Indonesia Bercerita, Masyarakat Komik Indonesia, Card To Post, dan Forum Lingkar Pena akan mengajak para pengunjung untuk membaca dan menulis bersama lagi.

Selain itu hadir pula komunitas Coin A Chance, Pedemu Negri, Berbudaya Itu Seru, ID Ayah Asi (Ayah Asi Jakarta), Rotaract Semanggi, Kancut kebelenger, Rotary Club Jakarta Gambir, Levitasi Hore, Indonesian Future Leaders, Pencerah Nusantara,Taman Hijau Ceria, Indonesia Berkebun, Komunitas Tumblr Indonesia, Sahabat 5cm, Hitman System, Save Street Child, Road Safety Association, The Mortal Instruments Indonesia, Sanggar Juara, dan Change.org.

Socmedfest tahun ini diselenggarakan oleh tiga perusahaan, yaitu Provetic, Hello Motion, dan Trenologi. Seperti biasanya, acara Socmedfest diisi oleh workshop, talkshow, pertunjukan musik, hingga midnight bazaar. Berbagai sudut di fX Sudirman digarap khusus untuk jadi lokasi setiap mata acara, mulai dari f1, f3, area luar ruang, hingga SAE Institute di f6.

Acara yang populer dengan nama Socmedfest ini, pertama kali diselenggarakan oleh Salingsilang.com, yang berkolaborasi denganDaily Social. Team socmedfest menghubungi mantanCEO Salingsilang.com,Didi Nugrahadiuntuk mendapat cerita alasan membuat event ini.

Dulunya, Salingsilang.com sebagai salah situs penjaring percakapan di Indonesia telah banyak bekerja sama dan berkolaborasi dengan beberapa komunitas. “Kami terpikir untuk membuat kopdar para komunitas dalam skala besar. Karena waktu itu mereka tak memiliki tempat atau ruang pamer agar dapat share informasi kegiatan masing-masing,” terangDidi Nugrahadi.

Tercetuslah sebuah acara yang digadang dapat menjadi wadah para penggiat dan entitas media sosial di Indonesia dapat saling bertemu sapa secara langsung. “Salah satu harapan kami waktu itu, dengan bertemu dan saling share diharapkan juga para komunitas tersebut dapat bertambah jumlah anggotanya dan berkembang besar,” imbuhDidi Nugrahadi. Ternyata harapan tersebut benar-benar tercapai, terbukti beberapa komunitas yang ikut serta pada tahun sebelumnya telah menjadi besar.

Event yang mengumpulkan para entitas media sosial ini secara khusus diberi nama Social Media Festival, alasannya pun sederhana, “Karena nama Social Media Festival lebih asik didengar dari pada Festival Media Sosial,” ujar Didi.

BERITA TERKAIT

FESTIVAL BALON UDARA TRADISIONAL DI PEKALONGAN

Sejumlah peserta mengikuti Java Traditional Balloon Festival Pekalongan 2019 di Stadion Hoegeng, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (12/6). AirNav Indonesia bekerja…

Belajar dari Pemblokiran Beberapa Media Sosial

  Oleh : Rahmat Yulianto, Pegiat Media Sosial     Pemilu 2019 merupakan ajang pesta demokrasi yang tidak terimunisasi dari…

Rekind Klarifikasi Terkait Pemberitaan PAU di Media Online

Rekind Klarifikasi Terkait Pemberitaan PAU di Media Online NERACA Jakarta - Menyikapi pemberitaan di media online tentang permasalahan antara PT…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…

Software Bajakan Disebut Sulit Dibrantas di Indonesia

Maraknya penggunaan software tidak berlisensi atau bajakan untuk kebutuhan bisnis maupun perorangan sudah semakin meresahkan. Berdasarkan data dari BSA I…

Jelang Pilpres, 771 Konten Hoax Warnai Dunia Maya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)mengidentifikasi 771 hoax pada periode Agustus 2018 hingga Februari 2019 di jagat maya, paling banyak berkaitan…