Pefindo Tetapkan Peringkat Medco AA-

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) meraih peringkat AA- dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan prospek stabil. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (10/10).

Selain itu, Pefindo juga memberikan pringkat serupa untuk sejumlah obligasi perseroan yang akan jatuh tempo. Misalnya, Obligasi Berkelanjutan I tahun 2012, Obligasi Berkelanjutan US$ I tahun 2011, Obligasi III tahun 2012, Obligasi II tahun 2009 seri B dan MTN III tahun 2010.

Perseroan berencana melunasi MTN III tahun 2010 senilai US$ 50 juta yang akan jatuh tempo pada 29 Oktober 2013, dengan sumber dana dari kas internal. Analis Pefindo Endi Roswendi mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan harga minyak mentah dan gas (migas) yang menguntungkan, kemampuan perusahaan untuk mempertahankan cadangan migas serta poisis likuiditas yang kuat. "Namun, peringkat itu dibatasi resiko kegagalan eksplorasi serta tinggi biaya investasi modal yang diperlukan," ujar dia.

Medco merupakan perusahaan swasta migas yang bergerak di bisnis pertambangan batu bara, pembangkit listrik dan hilir. Per akhir semester I tahun ini, pemegang saham perseroan adalah Encore Energy Pte Ltd dengan kepemilikan saham mencapai 50,7%, saham treasuri 11,7% dan lainnya termasuk publik sebanyak 37,6%. (bani)

Related posts