Tips Memilih Lantai

Sabtu, 05/10/2013

Memilih lantai yang tepat untuk hunian bukan perkara yang mudah. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan, tidak hanya mengenai fungsinya saja. Masalah estetika juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Mengedepankan fungsi dan keindahannya mungkin bisa menjadi cara yang tepat dalam memilih lantai.

Lokasi Lantai

Beda ruangan, beda pula lantai yang digunakan. Pada pintu masuk rumah dan garasi sebaiknya menggunakan lantai yang memiliki daya tahan yang tinggi. Lantai dari batu adalah pilihan yang tepat. Untuk kamar tidur, sebaiknya gunakan lantai yang nyaman untuk kaki telanjang, karpet bisa menjadi pilihan yang tepat. Ruangan yang sering terkena air seperti ruang mencuci dan kamar mandi sebaiknya menggunakan lantai yang tahan air. Kayu sangat tidak dianjurkan pada ruangan ini karena akan mudah lapuk.

Gaya Hidup

Pemilihan lantai bisa bergantung pada gaya hidup sebuah keluarga. Jika keluarga Anda termasuk keluarga yang super sibuk di rumah dengan anak dan binatang peliharaan yang sangat aktif, maka lantai dengan karpet sangat tidak ideal. Lantai yang pas untuk keluarga seperti ini adalah lantai yang terbuat dari keramik, vinil atau kayu. Sedangkan jika keluarga Anda super sibuk di luar rumah, maka Anda bisa menikmati kelembutan karpet di kaki. Paduan kayu dengan karpet akan membuat ruangan di rumah terasa lebih nyaman.

Pemilihan bahan

Hal terbaik untuk dilakukan dalam memilih bahan lantai adalah dengan melakukan pemilihan bahan. Teliti semua jenis bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan kita. Cobalah untuk mencari kekurangan dan kelebihan dari bahan tertentu dan bandingkan dengan bahan lainnya. Cari juga melalui internet atau kita dapat mengunjungi toko-toko lokal untuk membandingkan bahan-bahan ini.

Kualitas dan daya tahan

Selain penampilan yang menarik, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas dan daya tahan. Berapa lama sebuah karpet bisa bertahan? Bisakah lantai kayu menahan semua beban yang kita akan tempatkan di dalam rumah? Jika kita memang ingin menggunakan karpet, kita juga harus memilih jenis karpet yang mampu bertahan lama dan juga memberikan kenyamanan bagi kita.

Pemilihan warna

Warna adalah salah satu unsur penting ketika memilih bahan lantai karena akan menciptakan dampak yang besar bagi seluruh tampilan interior kita. Bayangkan sebuah rumah dengan warna putih di mana-mana. Kemudian kita mencoba menempatkan karpet berwarna-warni, pasti akan langsung menambah kehidupan dan keceriaan ke dalam rumah tersebut. kita juga dapat menggunakan warna terang untuk lantai jika memang dinding dan furnitur serta barang-barang lain di dalamnya sudah penuh warna. Dengan cara ini, ruangan akan tampak terangkat dengan lantai berwarna terang.

Pertimbangkan anggaran

Cobalah untuk mendapatkan barang yang lebih murah. Linoleum merupakan bahan lantai dengan harga lebih murah dari pada karpet. Ubin keramik jauh lebih murah dari pada marmer. Carilah bahan yang kita mampu beli.