Indosat Serahkan Pemanfaatan Orbit Satelit

Kamis, 26/09/2013

Sebagai upaya mendukung iklum investasi di sektor ICT, PT Indosat Tbk (ISAT) menyerahkan rencana konkret pemanfaatan slot orbit satelit 150.5BT kepada pemerintah. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (25/9).

Kata Presiden Direktur PT Indosat Tbk, Alexander Rusli, penyerahan slot orbit satelit dilakukan perseroan demi menjadi kepentingan masyarakat luas dan memaksimalkan slot orbit yang dimiliki Indonesia ini.

Dia mengungkapkan, Indosat telah mengirim surat kepada Menteri Indosat bukan hanya berupaya mempertahankan slot orbit 150.5BT tetap menjadi Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring pada 20 September lalu perihal Laporan Kemajuan Rencana Peluncuran Satelit PALAPA E pada Slot Orbit 150.5BT. Menurutnya, milik Indonesia, namun juga meningkatkan nilai slot orbit tersebut bagi Indonesia.

Disebutkan, beberapa langkah konkret yang dilakukan antara lain Indosat telah menandatangani perjanjian awal dengan Orbital Sciences. Perjanjian ini merupakan bagian dari kontrak yang akan ditandatangani, dan disaksikan bersama oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian untuk meningkatkan nilai komersial dari slot orbit 150.5BT dan memperkuat sektor telekomunikasi dan penyiaran di Indonesia, kata dia, Indosat juga telah menandatangani MoU dengan JSAT-SkyPerfect pada Juni 2013 serta dilanjutkan dengan rapat-rapat koordinasi di Tokyo maupun Jakarta untuk mewujudkan perjanjian. "Dengan adanya kerja sama dengan JSAT-SkyPerfect, maka Indonesia akan memiliki akses terhadap filing Ku-Band. Sehingga dapat memenuhi kekurangan frekuensi untuk penyiaran di Indonesia, dan lebih jauh, akan membantu pemerintah dalam melaksanakan program-program terkait dengan digital dividend untuk meningkatkan penetrasi broadband yang terjangkau di Indonesia," ujarnya. (bani)