Pasar Sepeda Motor Seken Masih Prospektif

Sabtu, 14/09/2013

Seperti kita ketahui, sepeda motor menjadi kendaraan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia utamanya di kota-kota besar. Maklum, sepeda motor termasuk kendaraan yang harganya cukup terjangkau oleh kalangan menengah dan mampu menjadi solusi saat kemacetan merajalela.

Fakta ini, menunjukkan bahwa sepeda motor masih menjadi alat transportasi nomor satu di negeri ini. Sepeda motor digunakan mulai dari masyarakat kalangan kelas bawah sampai kalangan kelas atas dengan tujuan berbeda-beda.

Apalagi saat ini, beberapa perusahaan pembiayaan menawarkan kredit sepeda motor dengan cara menarik dan mampu manrik minat calon pembali sepeda motor. Tak mengherankan, jika penjualan sepeda motor terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kondisi ini juga berarti membuka peluang baru penjualan motor bekas yang kini telah menjamur dimana-mana. Karena dengan adanya penjualan motor bekas adalah alternatif bagi kalangan masyarakat untuk memiliki sepeda motor, terlebih lagi kini untuk memilikinya dapat diperoleh dengan cara kredit.

Peluang bisnis ini tetap terbuka lebar meskipun pemainnya sudah sangat banyak. Mengingat kebutuhan akan roda dua ini juga sangat tinggi. Maklum, pengguna sepeda motor atau kendaraan roda dua tidak lagi didominasi oleh orang dewasa saja tetapi anak-anak usia SMP juga juga sudah banyak menggunakannya untuk pergi ke sekolah.

Mudah Mendapatkan Motor

Katika ingin membuka usaha ini mungkin yang terlintas dikepala Anda adalah bagaimana memperoleh sebuah sepeda motor. Perlu dikeathui untuk mendapatkannya tidaklah sulit, karena selain bisa didapat dari orang yang mau menjualnya langsung. Motor seken juga bisa didapat dari leasing (perisahaan pembiayaan) yang telah banyak menarik motor akibat kredit macet.

Ya, perusahaan pembiayaan memang acapkali melakukan lelang terhadap sepeda motor tarikan atau sitaan mereka. Usai disita, biasanya kendaraan langsung disimpan digudang untuk segera dijual melalui sistem pelelangan. Karena mereka tidak melakukan perbaikan maka Anda perlu berhati-hati kala membelinya.

Disarankan bagi pemula yang ingin terjun jual beli sepeda motor harus mengenal betul-betul seluk beluk sepeda motor. Kalau tak ada bekal, risiko tertipu serta kerugian akan sangat besar, dan bukan tak mungkin usaha Anda akan gulung tikar karenannya.

Karena, kendaraan-kendaraan sitaan tadi pasti tidak dijamin kondisinya merakahanya sebatas membersihkan (mencuci), memanasi setiap hari, memeriksa aki dan oli agar hanya untuk sekedar kendaraan mampu berjalan seperti biasa.

Selain itu, untuk mendapatkan motor bekas juga semakin mudah dengan hadirnya motor-motor baru yang modelnya beraneka ragam, dengan varian dan teknologi baru seringkali menggugah masyarakat untuk membeli atau mengganti sepeda motor yang sudah dimiliki.

Perhatikan saja, dalam satu tahun berapa jenis motor baru yang dikeluarkan produsen-produsen, baik Honda, yamaha, Suzuki, kawasaki, dan lain sebagainya. Tentunya ini menjadi salah satu faktor yang menjadikan kenapa bisnis ini maraknya dan laik untuk digeluti.