Bersama Pemerintah, Microsoft Siap Kembangkan UKM

Sabtu, 14/09/2013

Microsoft menyatakan diri siap mendukung program kerja Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia dalam pengembangan UKM di Indonesia dengan dukungan teknologi terbaru dari Microsoft, yaitu Microsoft Office365 dan Microsoft Windows Azure.Wujud nyata dukungan Microsoft juga terlihat dalam rangkaian APEC SME Ministerial Meetings yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 02–07 September 2013.

Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, DR. Syarifuddin Hasan, MM. MBA, menjelaskan, dalam APEC SME Meetings tanggal 02–03 September 2013, ada dua pembicara dari Microsoft yang memberikan materinya. Stanimira Koleva, General Manager, Small, Medium Business & Partner Group, Microsoft memberikan materi tentang kewirausahaan dan Astrid Tuminez, Regional Director Corporate and Legal Affairs Microsoft Southeast Asia memberikan materi tentang kewirausahaan perempuan.

“Kami menyambut baik komitmen Microsoft untuk mendukung pengembangan UKM di Indonesia. Peluang ini harus dimanfaatkan seluas-luasnya bagi para UKM dengan mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan TI sehingga usaha mereka bias berkembang baik dan cepat dengan dukungan TI yang maju,” tegas Syarifuddin.

Senada dengan Syarifuddin, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro mengungkapkan bahwa penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah hal yang penting terutama agar Indonesia bisa berkompetisi dengan negara lain, dan bisa masuk ke dalam 12 besar negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2025.

“Microsoft memiliki visi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan perekonomian yang berbasis pengetahuan (Knowledge Based Economy) melalui transformasi Pendidikan, Kewirausahaan, dan mendorong transparansi dan tata kelola pemerintahan yang baik. Transformasi Ekonomi bisa dilakukan melalui pemberdayaan Komputasi Awan pada segmen Kecil dan Menengah dari UKM,” jelas Andreas.

Dalam mendukung pengembangan UKM di Indonesia, Microsoft turut berpartisipasi dalam acara APEC SME Exhibition “Locally Connected Globally Competitive” dengan memberikan pelatihan teknologi kepada 160 UKM per hari selama 4 hari acara APEC SME Exhibition. Materi pelatihan teknologi yang diberikan adalah tentang Office365, Windows8. Office2013, OneNote, WindowsPhone8, dll.

“Dua teknologi terbaru dari Microsoft yaitu Microsoft Office365 dan Microsoft Windows Azure, yang berbasis komputasi awan sangat sesuai untuk digunakan UKM di Indonesia, terutama bagi UKM yang belum mempunyai infrastruktur teknologi informasi,” tambah Andreas.

Sementara itu Clair Deevy, Citizenship Lead, Microsoft Asia Pacific menjelaskan bahwa Microsoft memiliki Program YouthSpark yang merupakan inisiatif perusahaan dirancang untuk menciptakan peluang bagi ratusan juta pemuda di seluruh dunia.