Kehidupan Manusia di Akhir Abad 21

Elysium:

Sabtu, 07/09/2013

Film Elysium menceritakan ketika bumi penuh dengan berbagai penyakit akibat polusi yang sudah melewati batas, umat manusia akhirnya membuat tempat tinggal baru yang lebih modern dan tentunya lebih sehat untuk ditinggali. Nama tempat itu adalah Elysium, dimana didalamnya terdapat berbagai fasilitas yang nyaman, aman dan menyehatkan. Tapi sayangnya hanya manusia-manusia tertentu saja yang bisa tinggal disana.

Elysium merupakan tempat tinggal \'mumpuni\' yang dipenuhi oleh orang-orang kaya, sedangkan bagi kaum proletar, mereka hanya bisa bermimpi dan berharap suatu saat nanti bisa tinggal di Elysium. Max (Matt Damon) adalah salah seorang yang memiliki harapan besar itu. Max bertekad untuk pergi ke Elysium, demi menyembuhkan penyakitnya setelah mengelami kecelakaan di lingkungan kerjanya. Di Elysium terdapat alat yang canggih yang bisa mengobati semua penyakit, bahkan bisa membuat manusia awet muda.

Usaha Max untuk pergi ke Elysium tidaklah mudah, ia harus bekerja ekstra keras dan berkorban demi melanjutkan kehidupannya meskipun cara yang ia tempuh itu ilegal. Adalah Spider (Wagner Moura) yang membuka harapan Max untuk bisa pergi Elysium walau \'harga\' yang harus ia bayar sangatlah mahal.

Elysiumbenar-benar menawarkan kisah yang realistis. Seperti kita ketahui, permasalahan iklim akibat pengaruh polusi yang diproduksi oleh umat manusia masih menjadi isu utama di dunia. Maka tak tertutup kemungkinan penggambaran yang ditampilkan di filmElysiumbisa saja menjadi kenyataan di kemudian hari. Disana akan diperlihatkan bagaimana kehidupan umat manusia di bumi pada akhir abad 21 dan tahun 2154 yang penuh dengan penyakit dan polusi.

FilmElysiumjuga menawarkan kisah yang lebih luas dan bukan sebatas perjuangan Max untuk menuju tempat impiannya. Di dalamnya terdapat cerita tentang persahabatan Max dengan teman kecilnya, persaingan politik dan rasa kemanusiaan. Karena film ini menggambarkan kondisi di masa yang akan datang, sudah tentu alat-alat dan kendaraan yang ditampilkan jauh lebih modern dan canggih. Hal itu ditampilkan lewat prajurit robot produksi Armadyne, pesawat terbang lintas angkasa, senjata dan perkakas komputer yang mumpuni.