Hadirkan Suasana Timur Tengah di Rumah Anda

Desain Bergaya Maroko

Sabtu, 07/09/2013

Gaya bangunan Maroko memiliki kesamaan dengan desain Arabian. Namun tetap, desain hunian bergaya Maroko memiliki tampilan berbeda dengan ciri-ciri khasnya yang dimilikinya.

NERACA

Umumnya desain bangunan Maroko dapat dilihat dari bentuknya yang eksotis dan kaya warna. Karena tampilannya yang cantik, desain bergaya Maroko mampu berkembang dan menjadi salah satu desain arsitektur yang dapat dijadikan inspirasi.

Konsep Maroko dapat dihadirkan ke dalam hunian siapa saja. Sehingga muncul suasana menarik sekaligus unik, misalnya lewat tampilan dinding dan lantai. Dalam penerapannya di cuaca tropis seperti Indonesia, kita bisa menggunakan dinding biasa yang dicat dengan warna-warna bernuansa earth tone tadi. Namun tentu saja pada eksterior, bangunan Maroko Anda bisa tampak lebih kontras pada alam Indonesia yang hijau dibanding pada alam Maroko yang kering.

BudayaMoormemberi warna, kompleksitas, dan kemewahan pada arsitekturMaroko. Kita bisa menerapkan elemen dekoratif tersebut sebagai lengkung pada pintu dan jendela. Ukiran dinding bisa digantikan dengan ukiran dan detail pada furnitur. Pemilihan kuat atau lembut warna furnitur dan upholstery sebaiknya terlihat saling mengisi dengan warna dinding dan lantai ruangan.

Daya tarik bernilai seni tinggi dari arsitektur Maroko terletak pada ragam hiasnya, berupa ukiran dan pola mozaik. Ukirannya dipengaruhi oleh peradaban Islam yang meniadakan gambar manusia dan binatang sedangkan polanya menampilkan alur yang tidak terpotong seperti terlihat pada pola lengkungan di pintu bangunan di Timur Tengah.

Unsur dekoratif lain yang memberi identitas khas adalah mozaik warna-warni dengan pola geometri yang religious dan manik-manik. Pola mozaik ini dapat pula diterapkan pada kolam air mancur di taman kering maupun di ruangan dalam serta pada desain pola lantainya. Selain penggunaan bantal warna hijau, merah dan biru, kuningan dan besi tempa juga digunakan di rumah Maroko ini diantaranya untuk membuat lampu gantung.

Selanjutnya, halaman dalam di tengah rumah yang menempati hampir separuh lahan juga diolah dengan taman dan kolam air mancur yang kental dengan nuansa tropis. Selain berfungsi untuk memaksimalkan ventilasi silang dan masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan, taman tadi juga dihias oleh pepohonan hijau termasuk beberapa jenis tanaman khas Maroko seperti palem dan kurma. Taman kering di tengah rumah yang menjadi ciri hunian Maroko justru ditempatkan dibelakang kaveling sebagai solusi dari keterbatasan lahan.

Warna senada sebaiknya Anda aplikasikan pula misalnya untuk furnitur sofa. Nuansa yang dimunculkan dari balutan krem akan membuat ruang tamu terlihat lembut.Single chair,coffee table, meja sudut warna hitam dan aksesoris bantal-bantal, vas, serta karpet warna merah menjadikan ruang tamu bergaya Maroko terlihat apik dan nyaman.

Gaya Maroko di ruang tamu tampil khas, unik, dan memberi rasa nyaman sekaligus menarik. Sehingga, kesan pertama yang dimunculkan membuat teman atau kerabat yang datang ke rumah Anda merasa tertarik. Konsep hunian bergaya Maroko memang masih sedikit diterapkan di Indonesia, namun hal ini bukan menjadi hambatan bagi Anda yang memang sangat tertarik dengan desain Hunian Bergaya Maroko.

Topik Terkait

pola ukiran timur tengah