Tips Memilih Genteng

Sabtu, 24/08/2013

Seperti diketahui, genteng merupakan bagian eksterior yang melindungi hunian dari terpaan hujan serta panasnya matahari. Tak hanya itu, genteng juga merupakan elemen penting demi memperindah tampilan rumah atau suatu bangunan. Karena itu, dalam memilih genteng juga sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Tujuannya apalagi, selain atap menjadi kokoh dan indah. Berikut ini, beberapa cara memilih genteng yang tepat untuk rumah Anda.

Berdasarkan Kekuatan

Agar rumah Anda tampil kokoh, pilihlah genteng yang kuat. Biasanya genteng yang kuat itu adalah genteng yang telah melalui proses pematangan melalui pembakaran yang baik, adapun cirinya adalah warna genteng tersebut berwarna kuning agak kecoklatan (oranye).

Seseuai Tema Rumah

Pilih genteng yang cocok dengan desain rumah. Baik warna maupun konsep rumah. Warna-warna seperti hitam, abu-abu dan biru, akan lebih cocok untuk diterapkan pada rumah berdesain minimalis. Sedangkan rumah berdesain klasik dapat memilih warna genteng oranye atau merah marun.

Bahan Genteng

Perlu diketahui, bahan yang paling bagus untuk genteng adalah tanah. Genteng yang terbuat dari tanah sangat ringan, sehingga beratnya tidak akan membebani dinding dan fondasi rumah dengan beratnya yang berlebih, selain itu genteng berbahan tanah juga akan membuat rumah lebih sejuk karena mampu menahan panasnya sinar matahari.

Hindari genteng dengan lapisan semen. Karena lapisan semen dapat dengan mudah dikikis oleh air hujan dan bukan tidak mungkin akan menyebabkan kebocoran pada atap Anda. Tentu, semua tidak menginginkan kalau jika setiap turun hujan genteng di rumahnya bocor?

Berdaya Tutup Tinggi

Untuk hunian di kawasan dengan curah hujan yang tinggi, pilihlah genteng yang memiliki daya tutup baik agar air hujan tidak tampias. Karena akan percuma saja jika hunian sudah bagus, genteng telah sesuai dengan konsep rumah tetapi masih ada air tampias saat hujan.