Pestanya Para Pecinta Budaya Bali

Festival Danau Batur 2013

Sabtu, 31/08/2013

Bali memang tidak hanya menjadi tujuan wisata domestik saja, karena Bali memang sudah mendunia sejak dulu. Keindahan alam serta ketradisionalan yang terus terjaga membuat Bali tidak pernah sepi akan wisatawan.

Beragam tempat wisatapun menyebar luas diseluruh sudut pulau Bali, meski sudah menikmati keindahan pulau bali dengan cukup lama, namun rasanya tidak akan pernah cukup untuk puas, ditambah lagi banyaknya tempat wisata yang memang harus dikunjungi di pulau dewata ini. Danau batur adalah salah satunya, danau ini sangat terkenal dengan masyarakatnya yang memiliki cara pemakaman yang berbeda.

Kemegahan Danau Batur di Kabupaten Bangli,Bali, akan mendapat sorotan saat Festival Danau Batur 2013 dijadwalkan kembali berlangsung pada 7-8 September 2013. Acara ini diselenggarakan untuk kedua kalinya oleh pemerintah daerah Bangli bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tahun ini, Festival Danau Batur dimeriahkan dengan kegiatan budaya, seperti pertunjukan tari kolosalketangin danauyang melibatkan 130 penari. Festival ini juga akan menampilkan hiburan musik para musisi ternama. Akan ada juga pameran berbagai produk yang terbuat dari bambu dan festival kuliner tradisional dan buah-buahan khas Kintamani.

Disamping itu, berbagai lomba pun akan digelar, seperti fashion show anjing, lomba perahu, lomba dekorasi penjor, gebogan, beleganjur,fun bike, trekking, dan kompetisi mengukir buah. Festival Danau Batur 2013 juga akan diisi dengan lomba fotografi bertema keindahan Kintamani yang melibatkan 147 peserta dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar.

Beberapa pembangunan untuk lebih mensosialisasikan Danau Batur sebagai geopark tengah dikembangkan. Sehingga pengunjung yang datang tak sekadar menikmati alam, namun juga mendapatkan informasi mengenai batuan, satwa endemik, dan hal-hal lain berkaitan dengan kawasan tersebut sebagai geopark.

Danau Batur sendiri telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark Network. Batur diambil dari nama desa yang terletak di Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Bali. Sejak 1926, desa yang terletak di kaki Gunung Batur ini dikenal memiliki pesona alam memukau dan telah menginspirasi banyak seniman. Keindahan panorama pegunungan serta udara yang bersih sejuk menjadikan Batur tujuan wisata alam yang popular di Bali.