BSD Catatkan Laba Tumbuh 202,72%

NERACA

Jakarta – Perusahaan properti, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) membukukan lonjakan laba bersih sebesar 202,72% menjadi Rp 1,53 triliun pada semester I-2013 dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 506,61 miliar.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta kemarin. Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Bumi Serpong Damai Tbk, Hermawan Wijaya mengatakan, pencapaian pada enam bulan pertama 2013 ini bahkan telah melampaui pencapaian laba bersih tahun 2012 yang sebesar Rp 1,29 triliun, “Tingginya permintaan konsumen pada proyek properti yang kami kelola baik itu residensial, perkantoran dan komersial membuat pondasi yang solid pada kinerja keuangan kami. Produk properti yang kami tawarkan rata-rata menawarkan tingkat pertumbuhan investasi 20-30% per tahun sehingga memiliki nilai lebih bagi pembeli kami,”ujarnya.

Ditambahkan, “Sepanjang enam bulan pertama 2013, Pendapatan Usaha tumbuh solid 80,85% menjadi Rp 2,90 triliun dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun 2012 yakni sebesar Rp 1,60 triliun. Pencapaian ini membuktikan strategi Perseroan untuk menggandeng mitra strategis dan value creation pada proyek yang kami kembangkan terbukti efektif.

Anggota kelompok Sinar Mas Land tersebut sepanjang 2013 sedikitnya telah meluncurkan 8 (delapan) produk baru, baik itu berupa klaster perumahan maupun kawasan komersial seperti mall The Breeze yang baru saja melakukan soft opening pada akhir pekan lalu.

Laba usaha perseroan pada semester I-2013 pun berhasil tumbuh 209% menjadi Rp 1,73 triliun dibandingkan periode yang sama tahun 2012 yakni Rp 560,14 miliar. Solidnya pencapaian kinerja Perseroan membuat nilai Aset Perseroan tumbuh 20,51% pada akhir Semester I-2013 menjadi Rp 20,19 triliun dibandingkan perolehan tahun 2012 yakni Rp 16,75 triliun. Sedangkan posisi Kas dan setara kas tumbuh 17,58% menjadi Rp 4,66 triliun dibandingkan periode tahun 2012 yakni Rp 3,96 triliun.

Asal tahu saja, perseroan belum lama ini mengklaim kelebihan permintaan terhadap unit properti yang ditawarkan. Pasalnya, awal Juli BSDE meluncurkan sub-cluster yaitu Ingenia dan Illustria dengan total 393 unit yang ditawarkan. Namun kedua proyek ini mengalami lonjakan permintaan sebanyak 24 kali dengan total yang tercatat 9.506 pemesan untuk 393 unit yang tersedia.

Kata Hermawan, prospek properti cukup menjanjikan di Indonesia. Dengan jumlah konsumen kelas menengah ke atas yang tidak terlalu terpengaruh dengan kenaikan suku bunga. Selain itu, PT Sinar Mas Land Tbk melalui BSDE segera meluncurkan apartemen terbarunya, Casa de Parco dengan luas area 2,1 hektar. Apartemen ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 360 jutaan.

Casa de Parco menawarkan tiga tipe unit, yaitu Studio (luas semi gross 28,90 m²), 1 Bed Room (luas semi gross 43,70 m²),dan 2 bed rooms (luas semi gross 66,30 m²). Harga yang yang di tawarkan pada Casa de Parco, diklaim perseroan terjangkau bagi para konsumen, mulai dari Rp 361 jutaan diluar PPN.

Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra pernah bilang, apartemen ini terdiri dari 4 tower yang memiliki entrance di 4 sisi kawasan dan difasilitasi dengan courtyard dan juga ruang terbuka di setiap unit bangunannya. Masing-masing tower di desain saling terhubung sehingga memudahkan aksesibilitas para penghuni di dalamnya.

Selain itu, apartemen ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti thematic swimming pool, jogging track, children playground, pusat kebugaran, plaza dan sky terrace, Lokasi apartemen ini berdekatan dengan pusat perkantoran BSD Green Office Park, Lifestyle Center The Breeze, Foresta Business Loft, area CBD Sunburst, Indonesia International Expo & Convention Center, AEON Mall, Swiss German University, Prasetiya Mulya Business School, Jakarta Nanyang School, Sinar Mas World Academy, Froggy Edutography, serta Teraskota.

Sinar Mas Land memiliki lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan juga lebih dari 10.000 hektar land bank. Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan. (bani)

Related posts