UT Usung Sistem Belajar Jarak Jauh

Banyak anak maupun orang dewasa yang ingin memperoleh pendidikan tetapi tidak dapat mengikuti pendidikan konvensional karena terbentur jarak ataupun harus bekerja mencari nafkah pada jam sekolah, banyaknya orang pada waktu mudanya mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan dan sekarang ingin mendapatkan kesempatan kedua tetapi tidak meninggalkan pekerjaannya.

Tak hanya itu, banyaknya orang yang ingin mendapatkan pendidikan tetapi tidak dapat karena cacat badan, sakit, tidak dapat meninggalkan rumah karena banyaknya urusan dan tanggung jawab keluarga, dan sebagainya.

Permasalahan-permasalahan di dunia pendidikan tersebut memerlukan solusi inovatif yang efektif. Maka dari itu, banyak orang diseluruh penjuru dunia mengakui bahwa sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh dapat digunakan sebagai salah satu cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan pendidikan yang sulit diatasi dengan cara konvensional.

Rektor Universitas Terbuka Tian Belawati Terkait hal tersebut, Universitas Terbuka (UT) memperkenalkan sistem pembelajaran jarak jauh antara mahasiswa dan dosen melalui jaringan internet atau online. Dengan sistem pembelajaran jarak jauh, setiap masyarakat dapat mengikuti pembelajaran tanpa terbatas ruang, waktu, termasuk kesibukan pekerjaan.

\\\"Istilah jarak jauh mengandung pengertian adanya jarak antara belajar dan yang diajar. Jarak ini dijembatani dengan media yang khusus dikembangkan untuk sistem belajar jarak jauh. Dengan kemajuan teknologi informasi, tidak ada lagi alasan bagi siapapun, termasuk para profesional, untuk terhenti menuntut ilmu dan memperbaharui kapasitas dirinya sendiri secara berkelanjutan,\\\" ujar Tian dalam sambutannya pada acara Seminar Sumber Daya Manusia di Jakarta, belum lama ini.

Sementara itu, Pembantu Rektor IV Bidang kerja sama UT Mohamad Yunus mengatakan, sistem pembelajaran jarak jauh dan terbuka membuat mahasiswa dapat menentukan sendiri waktu kuliah mereka yang dapat disesuaikan dengan waktu bekerja.

\\\"Mahasiswa yang menentukan sendiri bahan ajar dan waktu belajar mereka. Selain secara online, mahasiswa juga bisa mengikuti pembelajaran tatap muka yang disediakan,\\\" ujar Yunus.

Salah satu keunggulan pembelajaran jarak jauh, lanjut Yunus, adalah bersifat \\\"low cost\\\" atau minim biaya, sehingga dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat di Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan dengan biaya terjangkau.

Sedangkan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UT, Daryono menuturkan, mahasiswa yang mengikuti pembelajaran jarak jauh secara online, perlu berdisiplin diri agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara maksimal.

\\\"Hal yang penting menjadi tuntutan dalam pembelajaran jarak jauh adalah harus berdisiplin diri, memiliki kemauan dan motivasi yang baik,\\\" imbuh dia.

Terkait teknologi yang digunakan UT dalam pembelajaran tebuka, Daryono mengemukakan bahwa akses yang digunakan sangat mudah dan ramah bagi generasi masa kini yang dekat dengan internet. Sistem pembelajaran jarak jauh ini juga digunakan di beberapa negara, seperti Inggris, Taiwan dan Hong Kong.

\\\"Kami juga sudah mengadopsi beberapa bahan ajar dari `British Open University` untuk mengembangkan materi, karena mudah diakses dan bebas biaya. Jadi kamii tinggal menerjemahkannya,\\\" kata Daryono.

BERITA TERKAIT

Pertambangan dan Keuangan Tak Masuk Sistem Izin Usaha Terpadu

  NERACA   Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan sebanyak dua sektor, yaitu pertambangan dan keuangan, belum…

Bukapalak Beri Pendampingan Belajar Ngepalak di Sragen - Pacu Daya Saing Bisnis Pelaku UKM

Dalam rangka meningkatkan daya saing pelaku industri usaha kecil dan menengah (UKM), lagi komunitas Bukalapak menggelar program Belajar Ngelapak Bersama…

BEI Kaji Pembangunan Sistem IT Bersama AB - Tekan Efisiensi

NERACA Jakarta – Dalam rangka meningkatkan efisiensi biaya operasional para Anggota Bursa (AB), PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan, saat ini…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Mahasiswa-Pemuda Deklarasi Anti-Terorisme

Belasan organisasi mahasiswa dan pemuda Indonesia yang tergabung dalam sebuah aliansi sepakat mendeklarasikan diri untuk bersatu melawan terorisme dan radikalisme…

Anak Jalanan akan Dilibatkan Dalam Asian Games

    Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) melibatkan anak jalanan dalam penyelenggaraan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu…

Moratorium Izin Perguruan Tinggi Baru Diperlukan - Orang Kaya Bikin Universitas

    Pertumbuhan orang kaya di Indonesia cukup besar. Dengan melimpahnya dana, tak ayal membuat mereka mencari penyaluran dana dengan…