Hadirkan Wisata Kebanggaan Masyarakat Celebes - Sulawesi Exhibition VIII 2013

Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh mengenai Sulawesi, di sini tempatnya. Ya, Kemilau Sulawesi Exhibition VIII 203 akan memamerkan salah satu pulau di Indonesia itu. Acaranya sendiri, akan digelar pada 25-28 Juli 2013, diManado, Sulawesi Utara. Di sini, potensi dari keenam provinsi di Pulau Sulawesi akan dipamerkan, yaitu:Sulawesi Utara, Gorontalo,Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara,Sulawesi BaratdanSulawesi Selatan.

Event menarik ini akan menghadirkan wisata kebanggaan kota yang dulu disapa Celebes ini. Tak hanya itu saja, dalam acara ini pun turutmenampilkan berbagai produk wisata termasuk destinasi wisata di Sulawesi, atraksi budaya, situs sejarah, kuliner, dan masih banyak lagi. Pegelaran dimeriahkan pula berbagai acara seperti kompetisi lagu-lagu tradisional, Little Miss Pageant, kompetisi memasak kuliner tradisional, dan beberapa program menarik lainnya.

Sulawesi memiliki kekayaan flora fauna yang sangat luar biasa. Sulawesi menjadi rumah dari keragaman etnis serta budaya yang menakjubkan. Di sini Anda dapat menemukan budaya mistik diTana Toraja, kehidupan pelaut Makassardi selatan, surga bawah lautWakatobidi tenggara, sampai keindahanTaman Nasional Lore Lindu danPulau Togean di tengah. Ada pula pemandangan memesona diManado, GorontalodanBunakendi utara.

Suku Bugis adalah suku yang lebih dominan di Pulau Sulawesi ini. Dimana suku ini dapat ditemui di mana-mana di Pulau Sulawesi. Suku Bugis mayoritas adalah pedagang jadi tidak heran jika rata-rata pasar di pulau ini dikuasai oleh Suku Bugis. Suku Bugis adalah suku yang taat beragama. Suku Bugis adalah suku yang sangat menjunjung tinggi harga diri dan martabat. Suku ini sangat menghindari tindakan-tindakan yang mengakibatkan turunnya harga diri atau martabat seseorang.

Hasil kebudayaan Bugis yang paling terkenal adalah Kapal Pinisi. Kapal Pinisi adalah alat transportasi jaman dulu, biasanya untuk mengangkut barang. Kapal laut ini tergolong kapal layar, yang memakai tenaga angin sebagai penggerak. Kapal Pinisi ini sudah terkenal sejak abad ke-14. Bahkan sekarang, dunia sudah mengakui keberadaan Kapal Pinisi.

Saat ini Kapal Pinisi digunakan sebagai kapal pesiar mewah dan kapal ekspedisi. Akan tetapi masih ada masyarakat Sulawesi yang menggunakan kapal ini sebagai alat transportasi sehari-hari. Anda bisa menemui kapal ini beserta proses pembuatannya di kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Penduduk suku Toraja terkenal sebagai penduduk yang bermukim di dataran tinggi atau pegunungan. Nenek moyangnya berasal dari suku bangsa cina.

Hasil kebudayaannya sangat beragam, dan masih terjaga sampai saat ini. Yang paling mudah dikenali dari kebudayaan Toraja adalah rumah adatnya. Tongkonan adalah rumah adat suku Toraja. Rumah ini merupakan simbol spiritualital masyarakat Toraja. Berbagai upacara adat Toraja diselenggarakan di rumah ini.

Related posts