Pertarungan Motor Sport Makin Memanas - Kawasaki Z800 Vs Yamaha FZ8

Tingginya pertumbuhan pasar motor sport jenis premium di Indonesia membuat pertarungan ATPM sepeda motor kian sengit. Ini yang di alami dua pabrikan yang dari dahulu sudah menjadi \"musuh bebuyutan\", yakni Kawasaki Z800 dan Yamaha FZ8.

NERACA

Belakangan ini pemberita mengenai mobil murah ramah lingkungan LCGC tengah gencar. Jika melihat pasar kendaraan roda empat di Indonesia terus mengalami peningkatan, namun jika melihat pasar kendaraan roda dua tak mau kalah terutama pasar motor sport jenis premium.

Ya, pasar motor sport di Indonesia terus di minati, melihat pasar motor sport semakin tinggi para agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor kian genjar meluncurkan pasar motor sport berkapasitas cc besar.Seperti Kawasaki telah kembali menambah varian terbarunya di segmen premium motor besar atau motor sport.

“Jumlah konsumen Indonesia yang menggemari motor ber-cc besar ternyata cukup besar. Hal ini menunjukkan Indonesia merupakan pasar potensial. Mereka tidak segan-segan untuk merogoh kocek uang banyak untuk melampiaskan hobinya,” tuturnya President Director PT Kawasaki Motor Indonesia, Yoshihiro tanigawa.

Pasar motor tanah air tahun ini diprediksi akan tetap cerah. Apalagi masing-masing produsen mulai ramai berebut ceruk di pasar sport. Namun, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) melalui maindealernya PT Citrakarya Pranata, melakukan penetrasi di pasar premium lewat produk motor besar terbaru bernama Kawasaki Z800.

Tak mau kalah pabrikan berlambang garputala ini ternyata sudah mempersiapkan amunisi untuk menghadapi Kawasaki Z800. Yamaha juga akan mendatangkan Yamaha FZ8. Motor dengan kapasitas 800 cc DOHC 4 silinder segaris ini dipastikan menjadi pesaing utama Z800.

Hal ini diperkuat dengan kode pendaftaran yang tertera di TPT online Kementrian Perindustrian. Kalau di luar motor ini dibanderol US$ 8890 atau setara dengan Rp 87,23 juta. Kira-kira berapa harganya kalau sudah masuk Indonesia?

Ulang Kesuksesan

Peluncuran varian motor dengan seri Z ini ingin mengulang kesuksesan Kawasaki seri Z terdahulu, sekaligus untuk memenuhi kepuasan para pecinta motorsport di Indonesia. “Tak hanya desain yang futuristik, semua komponen dari motor Z800 ini mewakili sosok motor premium sejati bagi mereka yang mengidam-idamkan sebuah motor sport premium Jepang,” kata pria yang akrab disapa Tanigawa San ini.

Mesin berkapisitas 800cc dan berkonfigurasi paralel empat Cyclinder ini, mengusung sistem noken as DOHC (double over head camshaft) dengan sistem pembakaran injeksi dan 8 buah katup persilinder. “Dengan kinerja mesin maksimum, berbasis body yang stylish dan posisi mengendara yang nyaman, motor ini menawarkan performance yang sempurna bagi para pecinta adventure,” kata Tanigawa San.

Lebih lanjut Assistant General Manager, Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia Yusuke Shimada menambahkan, dengan mengadopsi konsep Naked Bike, motor ini memiliki desain yang compact membuat tampilan Z800 ini lebih agresif dan street fighter.

“Kawasaki memiliki 2 merek besar di Dunia yaitu Ninja dan Z. Untuk motor dengan seri Z dan Z1 yang terkenal adalah Z750R, Z1000 dan Z250 kini seri terbaru Z800. Motor Kawasaki seri Z dan Z1 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972, sehingga motor dengan seri ini menginjak usia 40 tahun. Tugas kita saat ini membesarkan seri Z sebagai naked bike, karena seri Ninja sudah cukup dikenal di Indonesia sebagai SportsBike,” papar Shimada San.

Sejak memulai debutnya di Indonesia tahun 2008 silam, Kawasaki meluncurkan motor Ninja250R dan menjadi idola pecinta motor Premium Bike di Indonesia. “Di tengah gempuran produsen sepeda motor yang membanjiri pasar dengan produk-produk sepeda motor jenis bebek dan skuter matik, pangsa pasar sepeda motor jenis sport terus menggeliat, di situ merupakan andalan kami,” Shimada San.

Tanigawa mengatakan, Kawasaki selalu memiliki komitmen tinggi dalam memproduksi motor-motor sport yang berkualitas. Dan Kabarnya, Kawasaki Z800 sendiri diperkirakan bakal dilepas dikisaran harga Rp169 jutaan.

“Dengan selalu mengedepankan performa dan kualitas, Kawasaki sukses menancapkan citra sebagai merek andalan di pasar motorsport di Indonesia, dan terus memperkuat citra tersebut dengan selalu memenuhi keinginan para penggemar motorsport,” tutup Tanigawa San.

Related posts