Pentingnya Edukasi Anti Korupsi

Korupsi di Indonesia berkembang secara sistemik. Dalam seluruh penelitian perbandingan korupsi antar negara, Indonesia selalu menempati posisi teratas. Peringkat Indonesia dalam perbandingan korupsi antar negara ini ditunjukkan dari banyaknya kasus-kasus korupsi di Indonesia.

Ya, bagi banyak orang korupsi bukan lagi merupakan suatu pelanggaran hukum, melainkan sekedar suatu kebiasaan. Keadaan tersebut telah mendorong beberapa kalangan untuk mensosialisasikan pemberantasan korupsi di Indonesia, khususnya melalui sektor pendidikan. Seperti yang dilakukan oleh London School of Public Relations Jakarta misalnya.

Beberapa waktu lalu, London School of Public Relations Jakarta kembali mengadakan acara yang cukup unik untuk memberikan edukasi tentang anti korupsi. Mengusung tema Anti-Korupsi, pesan-pesan edukatif tentang kejujuran dibawakan dalam format Talk Show dan Stand Up Comedy dengan tema “Being Honest is The New Fun”.

Hadir dari pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah Nanang Farid Syam, spesialis kerjasama Nasional-Daerah. Dan dari bintang tamu menghadirkan Ge Pamungkas dan Rico Ceper. Ge Pamungkas dalam penampilan stand up comedy-nya menuruturkan, korupsi itu sama aja dengan merampok, karena mengambil apa yang bukan haknya.

Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak kepedulian dari anak-anak muda akan Negara Indonesia yang jujur dan bebas dari korupsi. Gerakan dari anak-anak muda Indonesia seperti inilah yang dibutuhkan untuk membantu KPK dalam pelaksanaannya membasmi korupsi di Indonesia.

“Pemberantasan korupsi haruslah dilakukan secara bersama-sama, namun dimulai dari diri sendiri dengan cara berperilaku jujur,” kata Nanang Farid Syam.

Related posts