Ekspansi Usaha, Gozco Tunda Dividen

Berdasarkan hasil keputusan rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) menyetujui untuk tidak bagi dividen dari hasil perolehan laba bersih tahun buku 2012.

Wakil Direktur Utama PT Gozco Plantations Tbk, Kreisna Gozali mengatakan, tahun ini perseroan tidak membagikan dividen karena membutuhkan dana untuk pengembangan usaha di bidang perkebunan, “Kita tidak bagi dividen, laba kita Rp97,033 miliar untuk cadangan wajib Rp5 miliar dan sisanya sekitar Rp92 miliar untuk laba di tahan,”ujarnya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Menurutnya, perseroan saat ini sedang mengenjot produksi minyak kelapa sawit (crude palm oil/cpo), dengan cara pembangunan pabrik baru dan penanaman tanaman baru. Namun, walau adanya penggenjotan produksi CPO, perseroan akan menurunkan target perolehan laba bersih menjadi Rp50 miliar di tahun ini.\"Harga sedang turun, tanam kelapa sawit kan empat tahun sekali hasilnya, sehingga kita mengoptimalkan tanaman yang sudah ada,\" kata Kreisna.

Lebih lanjut dia mengatakan, target produksi CPO pada tahun ini naik 18% menjadi 200 ribu ton atau setara dengan Rp500 miliar, dengan harga jual per kilonya Rp7.100. Pada 2012, penjualan produksi perseroan mencapai Rp405,328 miliar dengan laba bersih sebesar Rp97,033 miliar dan total aset perseroan saat ini mencapai Rp3,18 triliun. (bani)

Related posts