Pemprov DKI Ambil Alih Sekolah Bangkrut - Benahi Kualitas Pendidikan

Kebutuhan sekolah di Jakarta masih sangat tinggi. Namun ada beberapa sekolah yang dinilai hampir bangkrut karena kesulitan dalam hal finansial. Melihat hal tersebut, sekolah-sekolah yang tidak mampu membiayai diri mereka sendiri akan diambil alih oleh Pemprov DKI. Keputusan ini diambil demi meningkatkan kualitas pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto menuturkan, sekolah-sekolah swasta reguler yang dianggap tidak mampu adalah sekolah yang hanya memiliki murid kurang dari 20 siswa serta memiliki tingkat kelulusan yang kecil. Sekolah-sekolah swasta yang mengalami kesulitan dalam membiayai biaya operasional sekolah akan diberi waktu satu tahun untuk memperbaiki kondisi.

\"Setelah diberi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), sekolah akan diberi waktu satu tahun,\" ujar Taufik

Jika sekolah tersebut masih tidak mampu menaikkan jumlah siswa, tingkat partisipasi ujian nasional serta tingkat kelulusan, maka kemungkinan sekolah tersebut diambil alih Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semakin besar. Sedangkan keputusan untuk pengambil alihan atau peleburan tersebut akan dilihat dari ketersediaan sekolah di wilayah tersebut serta siswa yang ada. \"Kami juga harus lihat kondisi,\" katanya.

Hingga kini, sudah ada dua sekolah swasta yang mengajukan untuk diambil alih oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Rencananya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membeli sesuai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah dan bangunan sekolah itu yang kemudian status sekolah akan dirubah menjadi SMA Negeri.

Related posts