Kobexindo Bagikan Total Dividen US$ 1,2 Juta

NERACA

Jakarta – Perusahaan alat berat, PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) bakal membagikan dividen sekitar 23% atau US$1,2 juta atau setara dengan Rp 5 per lembar saham. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (12/6).

Kata Direktur Utama PT Kobexindo Tractors Tbk, Humas Soputro, keputusan pembagian dividen telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham. Selain itu, perseroan juga akan menempatkan sekitar 77% atau US$ 3,99 juta dari laba bersih sebagai laba ditahan dan cadangan Umum, “Nantinya dana tersebut akan dipergunakan untuk memperkuat struktur permodalan perseroan terutama dalam pengembangan bisnis dan pembiayaan operasional perseroan dan entitas anak,”ungkapnya.

Dia menambahkan, keputusan tersebut telah memperhitungkan kebutuhan permodalan dana perseroan untuk ekspansi bisnis maupun operasional. Sebagai informasi, sepanjang 2012, perseroan membukukan pendapatan sebesar US$ 131 juta. Pendapatan tersebut didorong oleh penjualan alat berat, suku cadang dan pendapatan dari jasa perbaikan.

Sementara pendapatan segmen penjualan alat berat pada 2012 tercatat US$ 114 juta. Disebutkan, segmen ini merupakan kontribusi pendapatan terbesar dengan menyumbang 87% dari total pendapatan Perusahaan pada tahun 2012.

Kontributor kedua berasal dari pendapatan segmen suku cadang dan service sebesar US$ 16,62 juta atau tumbuh 41,33% dari tahun 2011 sebesar US$ 11,76 juta. Suku cadang dan pelayanan setelah penjualan (after sales service) yang sudah dibangun dengan kuat untuk mendukung penggunaan unit-unit produk di seluruh Indonesia meliputi Aceh sampai Papua,dengan didukung oleh 11 kantor cabang, 1 kantor pendukung produk dan 1 kantor pusat.

Perusahaan akan meningkatkan pendapatan di tahun 2013 dengan melakukan diversifikasi ke sektor lainya seperti agribisnis, forestry dan konstruksi. Portofolio produk KOBX akan mendorong pendapatan KOBX di berbagai sektor dan memperluas jaringannya, serta memperkuat pengembangan kemitraan baru dengan perusahaan kelas dunia.“Manajemen KOBX akan selalu mendorong agar produk-produknya menjadi Market Leader di kelasnya melalui desain yang pas untuk target pasar mereka, serta kondisi di Indonesia,” tambah Humas Soputro.

Saat ini KOBX merupakan distributor berkelas eksklusif dengan memiliki dasar pokok utama yang menjadi pemimpin dunia seperti Doosan, NHL (North Hauler Limited), Tata-Daewoo, Jungheinrich dari Jerman, Hako Equipment, SKB Racking, Malaysia, produsen rak pergudangan.

Humas menuturkan, tahun ini perseroan telah menambah dua keagenan baru yaitu dengan Farm Tractors Belarus dan Buldozer Dressta. Kerjasama ini diharapkan dapat mendongkrak penjualan pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang. (bani)

Related posts