Rifat Sungkar Tempati Posisi Tiga - Pada Ajang Oregon Trail Rally

Pereli kebanggaan Indoneisa yang tergabung dalam Fastron World Rally Team, Rifat Sungkar bersama dengan co-driver Marshall Clarke, berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di Amerika, setelah berhasil menduduki Juara 3 di Oregon Trail Rally. Selama 3 hari pertandingan, Rifat harus berjuang maksimal untuk mencapai posisi ini.

Di hari terakhir Oregon Trail Rally, Fastron World Rally Team dan para peserta lainnya harus melahap 5 Special Stage atau Etape Khusus yang melewati area pertanian berliku di Mount Hood. Dimulai dari SS13 Straveout Hillclimb, Rifat berhasil lebih cepat 10 detik dari pesaing terdekatnya David Sterckx. Tetapi hasil ini belum merubah posisi Rifat di posisi ke-4 klasmen umum sementara.

Di SS14 Clausen, Rifat terus berusaha keras untuk dapat mengerjar ketertinggalannya dari David Sterckx. Dan ternyata catatan waktu Rifat 16,5 detik lebih cepat dari David Sterckx, sehingga berhasil merebut posisi ke-3 di klasmen umum sementara. Tetapi seslisih waktu mereka saat itu hanyalah 2,9 detik.

Setelah memasuki Service Park dan Regrouping di Dufur, para pereli kembali melanjutkan pertarungan di hari terakhir ini di SS15 dan SS16. Di kedua SS ini, Rifat tampil prima, dan dapat memperlebar jarak waktu dengan David Sterckx menjadi 40,6 detik.

“Strategi saya adalah fokus mengemudi ketika berada di lintasan, tanpa memikirkan catatan waktunya. Saya masih belum merasa mengeluarkan 100% kemampuan, masih perlu banyak testing dan pembiasaan diri lagi setelah ini, namun sejauh ini, semua berjalan dengan baik. Masih ada 3 SS yang tersisa hari ini, banyak hal dapat terjadi disini, semoga semua tetap berjalan dengan baik,” ujar Rifat.

Memasuki Special Stage terakhir, SS17 Chenowith sepanjang 12,6 km, ketegangan semakin terasa di kubu Fastron World Rally Team. Apalagi di SS17 ini, Rifat dan Marshall sempat menabrak batu dan mengakibatkan percahnya ban. Sejauh 5 kilometer, Rifat harus tetapmemacu kendaraannya untuk mencapai finish. Akibatnya catatan waktunya adalah 8 menit 0,9 detik, jauh di bawah catatan waktu David Sterckx, yaitu 7 menit 32,6 detik. Tetapi dengan perjuangan sampai akhir, Rifat Sungkar bersama dengan Fastron World Rally Team berhasilmenjadi Juara 3 Oregon Trail Rally, karena selisih waktunya dengan pereli di posisi ke-4, David Sterckx, masih 12,3 detik.

“Ini merupakan suatu kebanggan besar, tidak hanya bagi saya, tapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia, karena hari ini, kita bisa membuktikan bahwaIndonesia mampu berprestasi, khususnya di dunia reli di Amerika,” kata Rifat.

Sementara itu, di hari terakhir ini, pereli unggulan Ken Block, berusaha keras untuk dapat mengejar keteringgalannya dari pemimpin klasmen, David Higgins. Walaupun selalu menjadi yang tercepat di ke 5 SS yang dipertandingkan di hari terakhir, Ken Block tetap harus mengakui keunggulan David Higgins.

Hasil akhir dari Oregon Trail Rally adalah Juara 1 ditempati David Higgins, Juara 2 oleh Ken Block dan Rifat Sungkar menempati posisi Juara 3. Setelah Oregon Trail Rally, Fastron World Rally Team akan melanjutkan perjuangannya di seri keempat Rally America, Susquehannock Trail Performance Rally, yang dijadwalkan untuk digelar pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 2013 di Wellsboro, PA.

BERITA TERKAIT

Kepemimpinan Kolaboratif pada Masa Krisis

Oleh: Anil Dawan Keluhan Wapres Jusuf Kala mengenai manajemen krisis Pemda Palu yang lemah dan banyak digantikan oleh TNI mengindikasikan…

Mengenali Penggunaan Jarum pada Prosedur Facial

Baru-baru ini, seorang warganet membeberkan bahwa dirinya tertular virus HIV setelah melakukan prosedur facial. Dia berbagi cerita melalui akun Instagram…

Asian Para Games 2018 Ajang Kejuaraan Difabel Pertama di Indonesia

  Oleh : Ade Istiqamah, Mahasiswi Univesitas Muhammadiyah Makassar Semangat sebagai tuan rumah pada ajang kejuaraan olahraga Asian Games 2018…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

CR-V Hybrid Debut Eropa di Paris Motor Show 2018

Honda mengumumkan jajaran mobil yang akan ditampilkan pada ajang pameran otomotif Mondial Paris Motor Show 2018. Display utama Honda di…

Xpander Raih Penghargaan

Mitsubishi Xpander berhasil meraih penghargaan Forwot (Forum Wartawan Otomotif) Car of the Year 2018, dengan meraih nilai tertinggi sebesar 216…

Mercedes-Benz V-Class Tersedia Dengan Lift Kursi roda

Mercedes-Benz menawarkan kemudahan kepada orang-orang yang memiliki kendala fisik, lewat mobil Mercedes-Benz V-Class dengan lift kursi roda dan juga kursi…