Jenis Mainan untuk Perkembangan Anak

Para orangtua sebaiknya tidak sembarangan memilihkan mainan buat anak-anaknya. Mainan itu, sebaiknya harus meiliki nilai edukasi agar mampu merangsang motorik anak. Apalagi, jika anak-anak masih bayi hingga dua tahun. Nah, berikut ini adalah mainan yang baik bagi perkembangan anak,

Mainan Blok

Seperti diketahui, blok atau balok merupakan mainan yang baik bagi perkembangan anak. Karena blok mampu meningkatkan keterampilan gerak anak. Biasanya, blok dibuat beraneka warna agar mampu menarik perhatian. Bahan pembuatnya pun beraneka ragam, dari kayu atau yang berbahan halus.

Pemutar Musik Anak

Pemutar musik adalah mainan yang biasa digantung di tempat tidur anak atau bayi, alat ini mengeluarkan musik dan memberi manfaat untuk merangsang penglihatan dan pendengaran anak. Selain itu, juga akan meningkatkan konsentrasi anak mengenali suara.

Cermin

Anak-anak hususnya bayi, suka melihat dirinya sendiri dalam cermin. Untuk itu, berikan bayi Anda cermin yang terbuat dari bahan yang aman. Cermin menjadi sumber hiburan dan bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenal wajah dan untuk mengembangkan fokus visual.

Mainan Alat Musik

Mainan yang bisa mengeluarkan musik lembut pada kenyataannya mampu mempengaruhi perkembangan otak anak. Mainan seperti piano atau gitar sangat bermanfaat bagi si kecil.

Bola Berwarna Cerah

Nah, yang satu ini semua anak pasti menyenanginya. Bola, ya, bola mainan sangat disenangi anak-anak. Pilihlah bola berwarna cerah agar mampu menarik pengelihatan anak. Bermain bola akan dapat meningkatkan kemampuan melihat serta mengambil.

Related posts