Cerdas Rencanakan Liburan

Mempersiapkan liburan nampaknya bukanlah hal penting. Jangan salah meski terkesan sepele, tetap saja banyak semua harus direncanakan dengan baik. Kalau tidak, bisa-bisa liburan Anda kurang berkesan. Apalagi, untuk merencanakan keuangan berlibur. Wah, pastinya sungguh rumit. Nah, berikut ini beberapa tips untuk persiapkan liburan agar berjalan dengan maksimal.

Yang pasti, persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika anda mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.

Setelah itu pilihlah waktu yang tepat. Dengan memilih waktu liburan yang tepat bisa membuat liburan Anda semakin lancar dengan jadwal/acara yang telah Anda persiapkan. Karena jika salah dalam memilih waktu liburan, bisa mengacaukan liburan Anda misalnya tempat wisata yang penuh, kamar hotel pilihan yang penuh dan lainnya.

Atur biaya liburan dengan sebaik mungkin. Setelah memilih waktu liburan yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengatur biaya liburan. Yang termasuk biaya liburan antara lain biaya untuk menyewakamar hotel, makan, belanja, bensin/tiket pesawat, dan lain-lain.

Media internet bisa dilakukan untuk melakukan hal ini. Sekarang banyak bermunculan situs-situs yang memberikan informasi tentang tempat liburan. Jika kurang yakin, sebaiknya Anda meminta pendapat teman yang pernah mengunjungi tujuan wisata yang akan ada kunjungi.

Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi dan Objek Wisata. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.

Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap anda atau tempat terakhir anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.

Jika anda dan keluarga mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa low season. Anda bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa anda dapatkan pada masa high season liburan.

Jika budget anda saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak anda terutama di Jakarta dan sekitarnya.

Bahkan rumah pun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi anda sekeluarga. Buatlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan anda sekeluarga dirumah. Yang penting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan Anda.

BERITA TERKAIT

Pemerintah Rencanakan Terintegrasinya 40 Kota Berkelanjutan

    NERACA Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)…

Pamerindo Gelar Pameran Listrik Cerdas dan Otomatisasi - Dukung Making Indonesia 4.0

Sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap percepatan adopsi industri 4.0 dan manufaktur cerdas, Pamerindo Indonesia menggelar pameran perangkat cerdas untuk efisiensi…

Pemkot Palembang Rencanakan Bangun Kantong Parkir LRT

Pemkot Palembang Rencanakan Bangun Kantong Parkir LRT NERACA Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan, merencanakan pembangunan kantong parkir…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Melihat Potensi Indonesia Jadi Tempat Surfing Kelas Dunia

Pesona wisata bahari Indonesia adalah surga buat wisatawan, termasuk juga buat pecinta olahraga selancar alias surfing. Pantai-pantai di Indonesia yang…

Kemegahan Pulau Dewata di Jatiluwih Festival

Kemegahan Pulau Dewata akan kembali ditampilkan dalam Jatiluwih Festival 2018 yang akan digelar di Hatiluwih, Tabanan, Bali, pada 14-15 September…

GenPI Siapkan Promo Wisata Indonesia di Hari Pariwisata Dunia

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) STP Bandung akan meluncurkan tiga teaser video pada perayaan Hari Pariwisata Dunia pada 27 September mendatang.…