Tips Aman Berjejaring Sosial

Jejaring sosial saat ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk mengenal lebih banyak orang. Dengan media ini kita dapat menyebarkan suatu informasi dengan cepat dang sangat mudah, tidak hanya itu, kita juga dapat menerima informasi dengan sangat cepat.

Beberapa jejaring sosial yang sudah cukup lama bertahan ialah facebook dan twitter, kedua jejaring sosial ini dianggap sangat mudah penggunaannya. Namun sebenarnya ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat bermain media sosial.

Pastikan Anda menggunakanpasswords yang amanuntuk mengakses jejaring sosial. Jika orang lain masuk ke akun anda, mereka mendapatkan akses ke banyak informasi tentang anda dan tentang orang lain yang terhubung melalui jejaring sosial tersebut. Biasakan mengubah password secara teratur dan jadikan suatu rutinitas. Pastikan Anda memahamiprivacy settings/pengaturan privasi asal yang ditawarkan oleh situs jejaring sosial, dan cara mengubahnya.

Pertimbangkan untuk menggunakanakun atau identitas terpisah, atau nama samaran berbeda, untuk kampanye atau kegiatan yang berbeda. Ingat bahwa kunci untuk menggunakan jejaring secara aman adalah dengan mampu mempercayai anggotanya. Akun terpisah mungkin merupakan cara yang baik untuk memastikan kepercayaan tersebut.

Hati-hati saat mengakses akun jejaring sosial Anda di tempat umum.Hapus password dan riwayat browsingketika menggunakan browser pada komputer umum. Akses situs jejaring sosial menggunakan https://untuk menjaga nama pengguna, kata sandi dan informasi lain yang anda posting. Menggunakan https:// dibandingkan http:// menambahkan satu lapisan keamanan dengan mengenkripsi lalu lintas dari browser Anda ke situs jejaring sosial Anda.

Berhati-hati lah untuk tidak menempatkan terlalu banyak informasi dalamupdate status Anda, bahkan walaupun Anda mempercayai orang-orang dalam jaringan. Karena, sangat mudah bagi seseorang untuk menyalin informasi Anda.

Sebagian besar jejaring sosial memungkinkan anda untuk mengintegrasikan informasi dengan jejaring sosial lainnya. Misalnya anda dapat mem-posting update di akun Twitter dan secara otomatis diposting di akun Facebook anda juga.Berhati-hatilah ketika mengintegrasikan akun jejaring sosial anda! Mungkin saja anda anonim di satu situs, tetapi identitas anda terbuka ketika menggunakan yang lain.

Waspadai seberapa aman konten Anda di dalam situs jejaring sosial.Jangan mengandalkan situs jejaring sosial sebagai host utama untuk kontenatau informasi anda. Sangat mudah bagi pemerintah untuk memblokir akses ke situs jejaring sosial yang ada dalam batas kekuasaan mereka jika mereka keberatan dengan isinya. Administrator dari situs jejaring sosial juga dapat menghapus sendiri konten situs, daripada harus menghadapi sensor dari negara tertentu.

BERITA TERKAIT

Pemanfaatan Fintech Harus Perhatikan Konteks Sosial

      NERACA   Bandung - Ketua Program Manajemen Keuangan Mikro Terpadu (MKmT) Universitas Padjadjaran Arief Helmi mengatakan bahwa…

Media Sosial, Post Truth, dan Literasi Digital

Oleh: Eddy Cahyono Sugiarto (A lie told once remains a lie but a lie told a thousand times becomes truth:…

BNI Salurkan Tabungan Sosial ke 1.200 Anak

      NERACA   Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan dana bantuan Program Tabungan Simpanan Pelajar…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite Resmi Dirilis

Seperti dirumorkan beberapa waktu ke belakang, Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan dua smartphone terbarunya. Keduanya yakni Xiaomi Redmi Note 6 Pro…

Asus Zenfone 4 Selfie Dan Selfie Pro Banting Harga

Dua smartphone unggulan Asus untuk kategori selfie sekarang turun harga. Baik Zenfone 4 Selfie maupun Selfie Pro bisa didapatkan masyarakat…

Honor 8X Resmi Hadir di Pasaran Indonesia

Honor resmi membawa smartphone terbarunya, ikut serta meramaikan pasar ponsel  Indonesia, yaitu  Honor 8X. Presiden Honor Indonesia, James Yang, mengatakan…