Metrodata Makin Agresif Raup Untung Bisnis IT - Gandeng FalconStor

NERACA

Jakarta- Tingginya pertumbuhan industri elektornik menjadi peluang bagi PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) untuk meningkatkan pasar penjualannya. Maka mensiasatinya, perseroan melalui anak usahanya PT. Synnex Metrodata Indonesia (SMI) menjalin kerja sama dengan FalconStor Software, Inc. (FALC), salah satu perusahaan dalam disk-based data protection. FalconStor menunjuk SMI sebagai distributor usahanya di Indonesia.

Presiden Direktur PT. Synnex Metrodata Indonesia, Agus Honggo Widodo mengatakan, kemitraan bersama FalconStor akan dapat memperluas peluang bisnis perusahaan ke depan dalam kelangsungan bisnis dan data protection dengan solusi yang dapat kami tawarkan pada mitra bisnis kami di Indonesia. “Sebagai salah satu perusahaan distribusi TIK terbesar di Indonesia, kami berharap dari kemitraan ini dapat memberikan manfaat bersama FalconStor,”katanya di Jakarta, Selasa (9/4).

Menurutnya, kerja sama ini merupakan bagian dari strategik portofolio perusahaan. Saat ini SMI bermitra dengan mitra bisnis TI kelas dunia seperti Autodesk, ASUS, Avaya, DELL, Emerson Network Power, EPSON, FalconStor, Fujitsu, Fortinet, HP, Huawei, Lenovo, Microsoft, NetApp, Panasonic, Oracle, Symantec, Samsung, Sony, Vision Solutions dan ZTE.

Sementara General Manager and Vice President of Sales and Marketing of Asia Pacific, FalconStor Suresh Nair mengatakan, didukung dengan fondasi yang kuat dari mitra bisnis teknologi kelas dunia seperti HP, NetApp dan Symantec, SMI memiliki jangkauan wilayah yang luas seperti Surabaya dan Bandung sehingga ini akan dapat mengoptimalkan distribusinya di Indonesia. “Kemitraan ini akan memperkuat posisi kami dalam data protection, replication dan recovery pasar di Indonesia dan memungkinkan kami untuk memanfaatkan jaringan distribusi SMI yang mapan.” jelasnya.

Dongkrak Penjualan

Melalui kemitraan ini, lanjut dia, juga akan lebih meningkatkan inisiatif FalconStor untuk mengembangkan jangkauan perusahaan di Indonesia melalui pengembangan dari pengenalan merek serta perluasan cakupan geografis dari penjualan, pemasaran, dan pelatihan di wilayah.

Selain Surabaya dan Bandung, SMI memiliki enam sentra distribusi di Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Medan dan Makassar, serta didukung kantor logistik antara lain Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, dan Lampung.

Sebelumnya, perseroan juga telah megandeng produsen smartphone dan tablet untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, tahun 2012 kemarin optimis perolehan laba tumbuh pesat sebesar 110%. Teranyar, perseroan menggarap pasar mobile application untuk di industri telekomunikasi, perbankan, dan pembiayaan finansial.

Sebagai informasi, PT. Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”) adalah salah satu entitas anak PT. Metrodata Electronics, Tbk (MTDL) yang fokus dalam teknologi informasi komunikasi distribusi merupakan perusahaan patungan (joint venture agreement) antara King’s Eye Investments Limited, British Virgin Island (Synnex). Sementara FalconStore Software, Inc, (FALC) merupakan perusahaan di bidang disk-data protection, yang berkantor pusat Melville, N,Y. Dalam bisnisnya, perusahaan menawarkan based backup, continuous data protection, WAN optimized replication, dan disaster recovery automation. (lia)

Related posts