Babak Baru Dunia Penyimpanan Data - Hard Disk Eksternal dengan WiFi

Setiap orang tidak ingin data-data yang dimilikinya hilang begitu saja. Karena data menjadi bagian penting dalam kehidupan, kini semua menjadi digital, era digital akhirnya memaksa kita untuk merubah semua data menjadi digital.

NERACA

Ya, era digital membuat kehidupan kita lebih mudah, kita tidak perlu membawa tumpukan berkas kertas, puluhan album foto ataupun tumpukan kaset video yang sangat menyita tempat. Kini semuanya dapat kita simpan disatu tempat saya, yaitu hard disk.

Hard disk dapat menyimpan banyak data kita, kita dapat menyimpan data dengan aman disana, namun tetap, setiap hard disk memiliki kapasitas yang berbeda-beda, umumnya terbagi dalam 250GB, 500GB, 750GB atau 1TB. Hard disk sendiri pertama kali dikenal sebagai bagian dalam komputer, khususnya dalam menyimpan data-data komputer. Namun seiring perkembangan teknologi, kini fungsi hard disk bisa digunakan terpisah dari komputer, lebih singkatnya sama fungsinya dengan flashdisk namun ukurannya saja yang cukup besar.

Seiring dengan bertambanhnya pengguna gadget, kini hard disk ekternal pun kian diminati, tentunya untuk menyimpan segala macam file dalam gadget kita. Hard disk sangat mudah dibawa kemana-mana, selain itu hard disk juga memiliki kapasitas yang bermacam-macam, jadi kita tidak perlu khawatir saat menggunakan gadget kita. Namun permasalahannya adalah pada kabel-kabel usb yang harus dihubungkan kepada perangkat gadget kita. Hal inilah yang kadang-kadang membuat beberapa pengguna kerepotan, kerena harus membawa-bawa gadget yang terhubung dengan usb saat menggunakan harddisk.

Kini beberapa produsen hard disk pun mengembangkan dan menciptakan hard disk yang bisa langsung dihubungkan dengan gadget kita tanpa kabel. Salah satunya dengan teknologi wifi, dengan teknologi wifi kita tidak perlu kerepotan menyambungkan perangkat gadget kita kepada hard disk ekternal, kita hanya perlu menghidupkan wifi gadget kita saja, dan kita bisa langsung terhubung dengan hard disk ekternal juga kita bisa membuka data di hard disk ekternal kita semudah membuka data yang tersimpan dimemori internal gadget kita.

Saat ini salah satu pabrikan pembuat Hard Disk Seagate sedang gencar-gencarnya mengenalkan berbagai produk barunya yaitu hard disk yang sudah terpasang wifi dan bisa dibawa kemana-mana. Namun pada pertengahan tahun 2011 sebenarnya berbagai produsen pembuat Hard Disk sudah banyak yang menciptakan produk hard disk yangdilengkapi oleh wifi, namun pada saat itu belum banyak peminat hard disk seperti saat ini. Pada saat itu hanya kalangan terbatas saja yang menggunakannya, selain harganya yang cukup mahal, beberapa gadged pun banyak yang belum terintegrasi oleh wifi.

Pada saat itu Hitachi salah satu produsen yang juga serius dalam membuat produk penyimpanan data atau hard disk ikut membuat hard disk yang tergabung dengan wifi. Hard disk dengan wifi adalah perangkat penyimpan data atau hard disk eksternal yang dapat diakses melalui Wifi, tanpa menggunakan kabel maupun koneksi Internet. Teknologi ini semacam cloud, namun sangat pribadi dan kita dapat membawa data kita ke mana pun, dan diakses dari perangkat gadget yang memiliki Wifi. Selain laptop dan PC, kita juga bisa menghubungkan smartphone atau tablet kita yang berbasis Windows, iOS maupun Android ke Hard disk wifi.

Hard disk dengan wifi memungkinkan kita untuk mengakses data hingga 8 perangkat dalam satu waktu. Video HD yang ada pada saat ini datanya bisa mencapai hampir puluhan gigabyte. Umumnya radius dari Wireless Plus mencapai 45 meter, cukup untuk berbagi data dalam satu rumah. Tentunya ini sangat menarik dan sangat memberikan kemudahan kepada pengguna hard disk ekternal, khususnya bagi pengguna gadget yang memiliki banyak data dengan mobilitas yang sangat tinggi, meski sudah memiliki wifi, namun hard disk berwifi biasanya memiliki daya tahan batrei yang tidak begitu lama sekitar 7-10 jam saja, meski begitu biasanya masih bisa digunakan dengan menyambungkan hard disk tersebut dengan menggunakan kabel usb.

Related posts