Mimpi Jadi kekuatan Dunia

Mimpi Jadi Kekuatan Dunia

Keberadaan Indonesia di kancah dunia, makin diperhitungkan secara ekonomi. Bahkan, lembaga riset McKinsey Global Institute meramalkan, pada 2030, Indonesia bakal berada di posisi ke-7 negara terbesar dunia.

Laporan McKinsey Global Institute menyebut, Indonesia akan menanggalkan julukan ‘Si Jago Kandang’ dalam dua dekade mendatang. Gelar barunya adalah ‘Juara Dunia Ekonomi’. Chairman McKinsey Global Institute Raoul Oberman mengungkapkan, pusat-pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak lagi di Jawa, tapi sudah mulai tersebar di luar Jawa. Ekonomi Indonesia kini tak lagi bertumpu di Jakarta dan Pulau Jawa.

\"Faktanya, 90% pusat-pusat pertumbuhan saat ini berada di luar Jawa,\" kata Oberman sat mengikuti diskusi di Jakarta di pengujung 2012 lalu. Menurut dia, munculnya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di luar Jawa itu merupakan salah satu dampak positif urbanisasi. Bagi dia, urbanisasi di Indonesia telah menyebar merata di kota-kota besar Indonesia. \"Dimensi urbanisasi itu yang membuat masyarakat lebih produktif. Kota-kota tumbuh di atas 7% di luar Jawa,\" ujarnya.

Bahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini dinilainya paling stabil di dunia. Bahkan, melebihi pertumbuhan ekonomi negara-negara maju yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

McKinsey melakukan penelitian selama 6 bulan. Hasilnya, ditemukanlah karakteristik pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berbeda dengan negara macan Asia lainnya seperti negara macan Asia seperti China ditunjang ekspor yang tinggi. \"Kontribusi PDB Indonesia dari komoditas ekspor hanya 11%. Tidak seperti China, konsumsi domestik RI sangat besar,\" katanya. (saksono)

Related posts