Penjualan Mini di Indonesia Terus Meningkat

Gaya minimalisnya menjadi ciri khas mobil Mini, dan itu diharapkan mampu menjadi senjata untuk menarik perhatian industri otomotif Indonesia saat ini.

NERACA

Jepang atau Korea saat ini boleh saja menjejali pasar Indonesia. Namun untuk produsen BMW Grup Indonesia bertekad menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penjualan Mini terbesar di Asia Tenggara.

Ini bisa dilihat penjualan 2012, Mini di Indonesia menempati urutan kedua di ASEAN. Dalam waktu singkat, MINI berhasil meraih popularitas dan pengakuan di Indonesia. \"Merek ini telah menjadi simbol berkendara kaum urban serta menjadi bagian dari gaya hidup yang aktif, \"ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Pada 2012 lalu, Mini terjual 342 unit di seluruh Indonesia. Untuk saat ini di prediksi masih di kisaran 300-an mendekati angka 380 unit, jika ditotal sejak pengenalan merek dua tahun lalu. Sontak itu membuat pihak BMW kegirangan atau capaian itu.\"Saya sungguh senang karena banyak orang Indonesia yang membeli mobil luar biasa ini,\" kata dia.

Sementara itu, Mark Canning, Duta Besar Inggris untuk Indonesia juga turut merasakan sensasi berkendara Mini. Dia menyatakan model hatchback atap keras dari Mini menjadi yang pertama, dari generasi baru Mini yang mulai diperkenalkan pada tahun 2001. \"Namanya pun saat itu hanya dikenal sebagai \"Mini\". Model yang tersedia adalah Cooper, Cooper S dan One. Di pasar Eropa sendiri, Mini menggunakan mesin 1.400 cc, ada juga yang dipasarkan dengan mesin 1.600 cc,\" sebut dia.

Ya, mobil asal eropa ini semakin menunjukkan eksistensinya di pasar otomotif indonesia dengan diluncurkannya varian baru di tahun depan. Mini Cooper Paceman diproyeksikan untuk meraup penjualan berlipat dibandingkan tahun 2012 kemarin dimana setiap satu hari mobil MINI terjual satu unit.

BMW sendiri kabarnya sedang menyiapkan varian terbaru mobil Mini Cooper Paceman untuk memasuki pasar otomotif di indonesia. Rencananya mobil baru mini cooper ini akan bisa dinikmati oleh konsumen pada pertengahan tahun 2013. \"Lebih tepatnya di April mendatang,\" Kata Jentri Izhar Head Of Mini Indonesia.

Meskipun sudah dipastikan akan kedatangan varian terbarunya, tetapi Mini Indonesia belum bisa merinci harga dan spesifikasinya. Mungkin akan ada beberapa sedikit perubahan untuk menyesuaikan kondisi BBM di Indonesia dan iklim tropis.Selain memperkenalkan akan meluncurkan line up mobil terbarunya tahun depan, Minijuga membuka dealer sekaligus bengkel resmi baru di daerah Jakarta Selatan.

Prediksi Penjualan

Seiring beredarnya Mini, BMW memprediksi penjualan mereka akan tumbuh mencapai 25% pada 2013 ini. Alasannya, karena mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil dan permintaan mobil premium yang tergolong tinggi.

Pihak BMW berharap kontribusi mobil mereka, termasuk Mini, terhadap pasar mobil di Indonesia bisa meningkat dibandingkan tahun 2012. BMW Indonesia sendiri telah merilis BMW X1 terbaru pada Januari lalu dan akan merilis beberapa varian baru lainnya. Selain itu, BMW juga akan melakukan sedikit perubahan pada beberapa model BMW seri lama.

Sementara itu, Mini yang bernaung di bawahnya terdata mencatatkan penjualan 342 unit pada tahun lalu. Di pasar yang tersegmen ini, BMW Indonesia selaku penaung MINI pun bisa berbangga hati karena dengan demikian meraih penjualan tertinggi kedua di kawasan Asia Tenggara. Kini, jumlahnya secara populasi pun masih terus meningkat.

Related posts