MTN PLN Tahun 2008 Raih Peringkat AAA

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAAA untuk medium term notes (MTN) tahun 2008 seri I yang diterbitkan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) senilai Rp500 miliar.

Informasi tersebut disampaikan Pefindo dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (19/3). Disebutkan, MTN tersebut akan jatuh tempo pada 15 Juni 2013. Perusahaan merencanakan akan menggunakan dana internal untuk melunasi MTN yang akan jatuh tempo. Pada 31 Desember 2012, PLN memiliki kas dan setara kas senilai Rp22,3 triliun. PLN memiliki total kapasitas terpasang sebesar 32.895 MW pada akhir tahun 2013.

Sebelumnya, obligasi PLN senilai US$ 2 miliar pernah mendapatkan peringkat BBB- dari lembaga peringkat Fitch Ratings. Ditegaskan, peringkat jangka panjang issuer default rating PT PLN (Persero) di BBB- dengan outlook stabil.

Kata analis Fitch Ratings, Shahim Zubair, penegasan ini mencerminkan pandangan Fitch bahwa pemerintah akan terus menyediakan dukungan keuangan yang kuat, “Pemerintah akan selalu memberikan dukungan, terlebih PLN salah satu BUMN yang penting dan kewajiban pelayanan public yang di embankan kepada PLN, “ujarnya. (bani)

Related posts