Safety Riding Gaya Bikers

Lalui lintas yang padat serta pengguna jalanan yang tidak tertib menjadi penyebab banyaknya kecelakaan. Data terakhir yang dimiliki Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menunjukkan, dalam satu jam terjadi kecelakaan dan tiga orang tewas.

Data itu, sepanjang 2012 terdapat 111.015 kasus kecelakaan lalu lintas. Bahkan, setiap hari, polisai mencatat ada 12 ribu kali pelanggaran lalu lintas. "Dalam satu jam, ada tiga orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Korlantas Polri Irjen (Pol) Pudji Hartanto, dalam sebuah seminar tentang road safety (keselamatan di jalan) yang diselenggarakan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) di Jakarta, belum lama ini.

Di antara pelanggaran itu adalah menerobos lampu lalu lintas, melawan arus, melintasi trotoar. Penyebab lainnya, lengah, tidak tertib, tidak trampil mengemudikan kendaraan, ngebut, lelah, ngantuk, menyetir sambil menelpon pakai ponsel, serta mabuk. Terbanyak, karena pelaku sedang berponsel ria. Pada 2010 saja, kenaikannya mencapai 1.288%. Tapi yang paling banyak adalah karena mereka tidak tertib dan lengah. Termasuk ugal-ugalan.

Pakar safety riding (keselamatan berkendaraan) M Joel Deksa Mastana menyatakan, lalu lintas sekarang ini seperti rimba belantara. Hulu masalahnya di aspek pendidikan, dan hilirnya di penegakan hukum. Lebih dari 62% kecelakaan lalu lintas disebabkan human error.

Beruntung, di antara para pengendara di jalan raya yang lebih banyak yang semau gue, masih ada yang peduli kepada sesamanya. Mereka banyak terhimpun dalam berbagai kelompok pengendara sepeda motor dan mobil. Di antaranya adalah Oto Blogger Indonesia, (OBI) kumpulan para blogger yang peduli terhadap safety riding. Ada juga Independent Bikers Club (IBC), dan Road Safety Association (RSA).

Ketiga klub itu banyak mengadakan kegiatan terkait safety riding. IBC misalnya, beberapa kali menggelar program Safety Riding Goes to School (SRGS). “Saat touring, jika ada anggota yang tak mengenakan perlengkapan standar keselamatan, kami suruh pulang dulu,” kata Ketua IBC Irfan Saputra.

RSA bahkan terlibat dalam kegiatan Abad Keselamatan di Jalan (Decade of Action to Road Safety) 2011-2020 yang diprakarsai Unesco. “RSA berawal dari keperdulian para pengurus organisasi sepeda motor di Jakartadan sekitar dalam menghadapi berbagai persoalan tentang keselamatan pengendara di jalan raya,” kata Ketua Umum RSA Edo Rusyanto. Menurut dia, awalnya terbentuk Forum Safety Riding Jakarta atau FSRJ dan akhirnya diubah menjadi Road Safety Association (RSA).

“Menciptakan budaya tertib berlalu lintas yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan,” tutur Edo lagi. Menurut dia, ada tiga kegiatan pokok RSA. Pertama, melakukan advokasi dan penyadaran kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya pengguna jalan agar mengetahui, memahami, dan melaksanakan aturan lalu lintas.

Kedua, memberikan pemahaman terhadap keterampilan berkendara yang aman serta nyaman kepada seluruh pengguna jalan. “Ketiga, kami juga menghimbau dan mengajak seluruh elemen pengguna jalan agar menerapkan perilaku dan etika berkendara yang baik dan benar,” ujarnya.

Sementara itu, OBI yang lahir pada 1 Maret 2011 itu adalah para blogger yang meminati masalah otomotif. OBI mengemban misi mengkritisi kebijakan dunia otomotif nasional. “Kami juga mengajak masyarakat secara aktif, untuk perduli terhadap keselamatan berkendara di jalan,” kata Sekretaris OBI Henry Parasian. (saksono)

BERITA TERKAIT

Gaya Hidup Membuat Generasi Milenial Kesulitan Beli Rumah

Gaya Hidup Membuat Generasi Milenial Kesulitan Beli Rumah   NERACA Jakarta - Gaya hidup boros diperkirakan membuat generasi milenial di Jakarta…

Netizens Sepakat Empat Pilar MPR Jadi Gaya Hidup Modern

Netizens Sepakat Empat Pilar MPR Jadi Gaya Hidup Modern NERACA Jakarta - Di dunia digital dan teknologi informasi modern di…

Glory 560 Tawarkan Keunggulan Fitur Penunjang Gaya Hidup

Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia) menawarkan kendaraan SUV yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat melalui produk Glory 560.…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Ibukota Pindah Kemana?

Kaltim sangat layak menjadi Ibukota Negara karena infrastrukturnya sudah cukup memadai. Kaltim memiliki dua Bandar Udara di yaitu Bandara Internasional…

2024, Target Pindah Ibukota Negara

Pemerintah menargetkan pada tahun 2024 nanti ibukota bisa dipindahkan menuju kota baru. Oleh karena itu, pemindahan ibu kota ini akan…

Cari Skema Khusus Danai Pemindahan Ibukota

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan tiga alternatif daerah untuk pemindahan ibu kota. Ada yang 80.000 hektare, 120.000…