Tahun ini, Pertempuran SUV Kian Memanas

Tingginya permintaan kendaraan jenis SUV, membuat persaingan beberapa pabrikan otomotif macamHonda CRV, Nissan Xtrail, Toyota Fortuner, dan Subaru XVmakin memanas.

NERACA

Pasar mobil sport serbaguna domestik alias sport utility vehicle (SUV) dalam lima tahun ini terus mencorong. Pertumbuhan rata-rata mencapai 18-19%, bahkan tahun ini diperkirakan mencapai 22%. Tak pelak, kondisi itu membuat kalangan agen tunggal pemegang merek mobil (ATPM) di Tanah Air berlomba menggelontorkan model terbaru SUV menengah. Bahkan gelaran Indonesia International Motor Show 2012 lalu, yang berlangsung 20-30 September, menjadi ajang unjuk diri model baru mereka.

Dalam pasar SUV premium di tanah air, produk Honda CRV tergolong merupakan pemimpin pasar. Produk ini memiliki persaingan yang cukup ketat dengan Nissan Xtrail keluaran Nissan, ataupun Ford Escape dan baru-baru ini Subaru XV siap bersaing di pasar SUV.

Subaru XV, sebuah model crossover generasi baru, dengan cepat meraih popularitas di kawasan Asia Tenggara berkat karakteristik uniknya yang mendefinisikan kembali dan memadukan kepraktisan SUV yang luar biasa dalam bentuk yang fashionable.

Sejak peluncurannya di tahun 2012 lalu, Subaru XV kini telah menjadi top-selling modelSubaru di pasar utama Motor Image Indonesia, Filipina, Malaysia dan Thailand.

Jika melihat pada 2004, penguasa pangsa pasar SUV premium sempat diambil alhi oleh Nissan Xtrail yang sukses besar. Namun semenjak itu produk Honda CRV seperti tidak tertahankan. Dan laju penjualan mereka kian jauh meninggalkan pesaingnya, ketika Honda mengeluarkan varian baru baru berupa All New CRV.

Kekuatan yang membuat produk CRV unggul di pasar mobil SUV Indonesia tentu saja adalah nama besar Honda dibelakangnya. Bagaimana di tanah air, Honda termasyukk produsen mobil yang disegani dengan beragam produk legendaris seperti Honda Civic dan Honda Accord.

Honda selama ini dikenal sebagai produsen mobil dengan desain yang bagus. Dan CRV adalah salah satu perwujudan dari desain yang unggul itu. Apalagi bentuk CRV baru yang modelnya benar-benar keren; dan membuat produk para pesaingnya seperti ketinggalan zaman.

Dari kacamata pemasaran, Honda CRV memiliki keunggulan yang sangat bagus dalam aspek produk, utamanya desain produk. Selain itu, fitur mesin yang handal dan jaminan harga jual kembali yang kuat membuat Honda CRV menjadi pilihan banyak konsumen SUV di tanah air.

Sebenarnya para pesaingnya juga memiliki model yang keren. Ambil misal Xtrail dari Nissan. Produk SUV mereka juga mencerminkan tampilan yang gagah. Sayang model baru mereka hanya merupakan facelift (atau perubahan minor) dibanding model terdahulunya. Tidak ada perubahan model yang fundamental. Hal ini tentu berbeda dengan CRV yang model barunya benar-benar beda dengan model lama, dan tampilannya makin keren.

Demikian juga, Toyota Fortuner yang menyandang nama besar Toyota belum mampu menggoyahkan kejayaan Honda CRV. Model yang terlalu bongsor dan cenderung konvensional membuat Toyota Fortuner agak kewalahan menahan laju CRV. Namun saat ini muncul pesaing yang sangat kompeten Subaru XV.

Pencapaian Subaru

Subaru XV rakitan lokal yang telah secara resmi diproduksi sejak Desember 2012 adalah produk hasil kerja sama Motor Image Group dengan Fuji Heavy Industries Ltd dari Jepang, pabrikan Subaru. Subaru XV diproduksi di Malaysia dan didistribusikan secara lokal, termasuk di Indonesia dan Thailand.

“Penjualan Subaru XV ternyata lebih baik daripada yang kami harapkan dan kami ingin membangun hubungan jangka panjang, yang berlandaskan pada kualitas unggulan dan fitur-fitur spesial dari Subaru XV, serta menyediakan layanan kelas atas yang konsisten dengan konsumen,” ucap Glenn Tan, Presiden Direktur PT. TC Subaru.

Kami sangat terpacu dengan respon yang ada, dan pada usaha-usaha untuk memperkenalkan merk Subaru di kawasan ini. Motor Image akan terus fokus pada ekspansi, serta memperkuat penjualan dan jaringan distribusi di wilayah tersebut, tuturnya.

Saat ini, Subaru sedang menikmati permintaan besar pada kendaraan All-Wheel Drive nya, di seluruh kawasan ini, khususnya di pasar Asia dengan lebih dari 14.000 unit kendaraan terjual pada 2012.

Strategi pertumbuhan ini juga tercermin pada peningkatan besar terhadap kehadiran Motor Image Group, dengan rencana-rencananya untuk mengembangkan jaringannya di Indonesia, Malaysia, dan Thailand hingga 80 outlet pada 2013.

Subaru XV menawarkan kecanggihan All-Wheel Drive (AWD) dan mesin SUBARU BOXER, yang memberikan performa luar biasa, sekaligus menghadirkan kestabilan dalam berkendara. Mesin Boxer berkapasitas 2.0-litre dengan Lineartronic CVT (continuous variable transmission) telah memberikan peningkatan pada efisiensi bahan bakar dan performa pembuangan yang maksimal.

Mesin ini memberikan performa akselerasi dan respon yang mengagumkan, sehingga memungkinkan pengendara merasakan akselerasi instan, meskipun pedal gas baru diinjak sedikit saja. Dengan pusat gravitasi yang rendah, Subaru XV memberikan sebuah kelancaran dalam berkendara yang tak terduga, jika mempertimbangkan ketinggian body-nya. Desain XV yang playful ditandai oleh gabungan motif bagian bawah yang bertenaga dan bentuk urban yang bergaya.

Motor Image memperkenalkan Subaru di Singapura 26 tahun yang lalu pada 1986. Sejak saat itu, Motor Image telah melakukan penjualan mobil dan jaringan distribusi di Kamboja, Hongkong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Cina Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam, dengan tujuan agar semua orang dapat mengetahui dan menikmati bedanya mengendarai Subaru.

Related posts