Bernostalgia dengan Mainan Masa Kecil

Banyak permainan di masa kecil zaman dahulu yang ternyata dapat menstimulasi otak, akibatnya anak-anak yang sering memainkan mainan ini akan tumbuh cerdas.

NERACA

Masa kecil memang sangat menyenangkan, karena hampir sebagian besar waktu dihabiskan untuk bermain. Masih ingatkah Anda dengan beberapa mainan masa kecil? Beberapa penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang masa kecilnya dilewati dengan bermain mainan yang menggunakan akal, anak itu akan tumbuh cerdas.

Ular Tangga

Mainan yang sangat simpel dan menyenangkan. Tujuannya adalah menjalankan koin/pion kamu dari kotak nomer 1 sampe ke kotak nomer 100. Kalau ketemu tangga, kamu bisa langsung pindah ke kotak ujung tangganya. Tapi kalau kamu terkena kepala ular, berarti kamu musti turun ke kotak yang terkena ekor ularnya. Simpel kan? Tapi pas dimainkannya sangatlah seru, soalnya bisa aja temen kamu udah unggul jauh, tiba-tiba terkena ular besar dan mundur jauh, sementara kamu ngebut karena dapet tangga terus.

Congklak

Inti dari permainan ini adalah mindahin butir-butirnya itu ke lobang yang ada di samping itu. Kamu sama lawan kamu banyak-banyakan buat menang. Setiap lobang, kecuali dua yang di samping bakal diisi 7 butir, terus kamu mulai giliran kamu dengan milih lobang mana yang mau kamu kosongin, dengan ngambil semua isinya dan masukin ke lobang-lobang sebelahnya satu persatu sesuai dengan arah jarum jam. Kalo kamu berenti di lobang yg kosong, giliran kamu berenti. Kalo ada isinya, lanjut lagi dengan ngambil semua butir di lobang itu.

Halma

Kalau halma, tujuannya adalah mindahin semua pion kamu ke kandang yang satunya lagi. Misalnya pion kamu merah, kamu harus memindahkan semua pion dari kandang merah tempat kamu mulai, ke merah yang ada di seberang kamu. Siapa yang bisa duluan mindahin semua pionnya, dia yang menang. Setiap giliran, kamu boleh jalankan satu pion satu langkah. Waktu awal-awal memang gak seru sih, cuma maju dikit-dikit, tapi kalo pion-pionnya udah banyak yang keluar, kamu bisa loncat-loncat juga, kayak main damdas. Tapi disini bedanya gak ada makan pion lawan.

Ludo

Ludo juga tujuan mainnya mirip sama halma, yaitu kamu harus mindahin pion kamu ke kandangnya. Tapi ludo mainnya pake dadu dan peraturannya lebih rumit. Untuk ngeluarin satu pion ke arena, kamu harus ngeluarin angka 6 dulu di dadu. Terus misalnya kalo pion lawan jalan dan berenti di kotak yang ada pion kamu, berarti pion kamu musti balik kotak awal. Waktu buat main ludo ini lumayan lama dibandingin board game yang lainnya, tapi emang lebih seru sih.

Monopoly

Permainan monopoly adalah permainan yang sudah mendunia, tidak saja anak2 kecil yang pantas memainkannya, para remaja dan anak dewasa juga larut dalam permainan tersebut. Perputaran uang di dunia nyata di terapkan didalam permainan ini. Para pemain berlomba-lomba mengumpulkan kekayaan melalui penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan. Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera.Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.

Meski ini semua permainan masa kecil , namun hingga saat ini, permainan ini pun masih bisa kita cari dan kita mainankan. Sungguh sangat seru bila kita bisa memainkannya bersama teman-teman masa kecil kita dahulu, sambil sesekali bergurau tentang ingatan saat bermain bersama dahulu. Kini semua permainan ini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak masa kini, semuanya lebih memilih bermain internet ataupun sibuk dengan gadget-nya.

BERITA TERKAIT

Asosiasi Dorong Petani Tembakau Jalin Kemitraan Dengan Perusahaan Rokok

NERACA Jakarta - Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) mendukung wacana pemerintah untuk mewajibkan importir atau perusahaan rokok membangun kemitraan dengan…

BI Banten Siapkan 100 Titik Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil

BI Banten Siapkan 100 Titik Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil NERACA Serang - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten bekerja sama…

Penukaran Uang Pecahan Kecil di Palembang Libatkan 13 Bank

Penukaran Uang Pecahan Kecil di Palembang Libatkan 13 Bank NERACA Palembang - Penukaran pecahan uang rupiah pecahan kecil menjelang hari…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Eksplorasi Khazanah Cirebon dan Kuningan

Sebagai orang yang akrab dengan iklim pesisir Pantai Utara Jawa (Pantura), memilih tempat berlibur di kawasan yang nyaris serupa nampaknya…

Tips Wisata Kala Berpuasa

Berwisata kerap diidentikkan dengan aktivitas bersenang-senang yang pada akhirnya menguras tenaga dan stamina. Tak heran jika banyak orang yang cenderung…

Masjid Lancip, Objek Wisata Religi di Kalimantan Selatan

Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, memiliki banyak obyek wisata religi dan sarat nilai sejarah. Salah satunya Masjid As…