Honda Targetkan 100.000 Unit - Terkait Penjualan 2013

Melihat pangsa pasar otomotif di tahun ini yang cukup mengairahkan,PT Honda Prospect Motor menarget penjualan sebesar 100.000 unit. Untuk mencapai targetnya, Honda akan melakukan penyegaran terhadap produk-produknya, meningkatkan kapasitas produksi, memperluas jaringan dealer serta memperkenalkan fasilitas purna jual baru, di antaranya layanan Mobil Service.

Jika melihat tahun 2012 lalu, Honda mencatat penjualan sebesar 69.320 unit, yang merupakan sekor penjualan tertinggi Honda di Indonesia hingga saat ini. Dengan jumlah tersebut, Honda juga sekaligus tercatat mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 153%, yang merupakan pertumbuhan tertinggi di antara semua ATPM di Indonesia, sekaligus melampaui pertumbuhan industri otomotif yaitu sebesar 125%.

“Target penjualan pada tahun ini kami sanggat optimis dikarenakan, dengan total pasar yang diproyeksikan mencapai 1.2 juta unit di Indonesia, Honda juga menargetkan pangsa pasar sebesar 8,7% di akhir tahun 2013,” ungkap Jonfis Frandy, Marketing & aftersales Service Direktor PT Honda Prospect Motor.

Pasar otomotif di Indonesia terus menunjukkan potensi pertumbuhan, yang didukung beberapa faktor seperti pertumbuhan ekonomi dan suku bunga yang positif, serta tren ke arah mobil kecil yang hemat bahan bakar. Untuk memanfaatkan kondisi potensial ini, Honda akan melakukkan berbagai aktivitas untuk memperluas basis konsumen serta meningkatkan kepuasan pelanggan. "Aktivitas yang kami lakukkan meliputi peningkatan kapasitas produksi, perluasan jaringan, pengenalan produk-produk terbaru hingga peningkatan layanan purna jual," tuturnya.

Untuk mendukung target 2013, PT HPM telah meningkatkan kapasitas produksi di pabriknya dari 60.000 unit per tahun menjadi 80.000 unit per tahun. Selain itu, PT HPM juga tengah melanjutkan pembangunan pabrik kedua di Indonesia, yang akan meningkatkan total kapsitas produksi PT HPM menjadi 200 unit per tahun. Pabrik kedua tersebut direncanakan akan mulai beroperasi pada awal tahun 2014.

Dia mengatakan produksi Honda di Indonesia kini juga didukung telah memulainya fungsi penelitian dan pengembangan produk, yang ditandai dengan dubukanya PT Honda R%D Indonesia. Perusahaan ini berfungsi untuk mendukung peningkatan operasi Honda di Indonesia, dengan memahami lebih jauh mengenai pasar dan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Sedangkan aktivitas utama PT Honda R&D Indonesia, antara lain mengembangkan lokalisasi suku cadang untuk model-model di Indonesia, melakukan survei pasar, dan mendukung pabrik dalam mengembangan model baru.

Selain PT Honda R&D Indonesia, operasi Honda di Indonesia juga didukung oleh PT Honda Access Indonesia, yang juga mulai beroperasi pada tahun ini. Aktivitas PT Honda Access Indonesia berkaitan dengan penyediaan aksesoris asli Honda (genuine accessories) dengan melakukan lokalisasi produk serta melakukan survei pasar untuk lebih cepat memenuhi kebutuhan konsumen akan aksesoris asli Honda yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Honda juga merencanakan untuk memperluas jaringan dealer resminya di Indonesia untuk semakin mendekatkan produk dan layanannya kepada pelanggan. Saat ini Honda telah diperkuat oleh sebanyak 89 dealer resmi, dan hingga bulan Februari 2013 telah melakukan penunjukkan dealer baru hingga mencapai total 120 dealer di seluruh Indonesia.

BERITA TERKAIT

Targetkan Jangkau 100 Ribu UMKM - DIVA Siapkan Belanja Modal Rp150 Miliar

NERACA Jakarta – Penetrasi pasar guna mendongkrak penjualan, PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (DIVA) akan menjangkau lebih banyak lagi pelaku…

Kemenkeu Hormati Proses Hukum Terkait Kasus Pengadaan Kapal Patroli

Kemenkeu Hormati Proses Hukum Terkait Kasus Pengadaan Kapal Patroli NERACA Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menghormati proses hukum yang saat…

PG Rendeng Kudus Targetkan Produksi Gula 12.700 Ton

NERACA Jakarta – Pabrik Gula (PG) Rendeng Kudus, Jawa Tengah, pada musim giling 2019 menargetkan tingkat produksi gula sebanyak 12.700…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Aturan Kendaraan Listrik Dimatangkan, Industri Siap Investasi

Pemerintah serius mematangkan penyusunan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai program percepatan pengembangan kendaraan listrik. Guna mengakselerasinya, pemerintah menyiapkan fasilitas insentif fiskal…

Grab Siap Lanjutkan Penerapan Tarif Baru

Setelah melaksanakan uji coba tarif baru sesuai Keputusan Menteri Perhubungan No. KP 348 Tahun 2019 di lima kota besar, Grab…

Ekspor Toyota Indonesia Masih Tumbuh Dua Persen

Di tengah ketegangan perdagangan global yang dipicu konflik dagang Amerika Serikat dan Cina, Toyota Indonesia masih mampu mencatat pertumbuhan ekspor…