XL Bidik Kontribusi Bisnis Data Jadi 25%

Operator seluler, PT XL Axiata Tbk (EXCL) menargetkan kontribusi data bagi pendapatan perseroan bisa meningkat menjadi 25% tahun ini. Tahun lalu, kontribusi data bagi pendapatan perseroan diperkirakan baru mencapai 20%.

Kata Direktur Marketing XL Axiata, Joy Wahyudi, meningkatnya pendapatan data sejalan dengan pertumbuhan jumlah pelanggan data. Tahun ini pelanggan data diharapkan bisa mencapai 70-75% dari total jumlah pelanggan. "Hingga akhir kuartal III kemarin, jumlah pelanggan kami sudah mencapai 42,3 juta pelanggan. Sampai akhir tahun, kami perkirakan jumlah pelanggan sekitar 45 juta, atau naik sekitar 7-8% dari kuartal III,”ujarnya.

Tahun lalu, jumah pelanggan data hanya mencapai 60% dari total pelanggan perseroan. Dari 60% pelanggan tahun lalu, kata dia, penggunaan data juga masih relatif terbatas, hanya untuk program data ringan seperti untuk jejaring sosial. Untuk menambah penggunaan data, dan jumlah pelanggan data, XL meluncurkan program XL Bebas.

Program ini memberi ruang bagi pelanggan untuk membeli paket data berbiaya murah, cukup dengan harga Rp 5.000 untuk kartu perdana, pelanggan bisa mendapat kuota data 150 MB/bulan, “Keunggulan program data ini selain harganya murah, aksesnya cepat, dan masa aktifnya lama yaitu enam bulan. Kami luncurkan 10 juta kartu perdana untuk program XL Bebas ini," katanya.

Dia mengakui, cukup banyak investasi yang digelontorkan XL untuk pengembangan data, terutama untuk pengembangan infrastruktur, terutama berbasis 3G. Tahun ini perseroan akan menambah bts (base transceiver station).

Kemudian ditahun 2013, perseroan mengangarkan belanja modal sama dengan tahun lalu sekitar Rp 8 triliun. Sebagaian belanja modal akan dialokasikan untuk pengembangan infrastruktur data. (bani)

BERITA TERKAIT

14 Lembaga Keuangan Kerjasama Dukcapil Manfaatkan Data Kependudukan

    NERACA   Jakarta - Terdapat 14 lembaga keuangan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil…

Gandeng Perusahan Taiwan - Kalbe Farma Bidik Cuan di Bisnis Kecantikan

NERACA Jakarta – Genjot pertumbuhan penjualan, inovasi dan pengembangan bisnis menjadi strategi yang dilakukan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF). Menggandeng…

PSDM Zona Satu Bidik Kader Posyandu Cegah Stunting

PSDM Zona Satu Bidik Kader Posyandu Cegah Stunting NERACA Kuningan – Stunting (pertumbuhan yang gagal pada anak balita) sedang menjadi…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Volume Penjualan Terkoreksi 5,58% - Astra Terus Pacu Penjualan di Semester Kedua

NERACA Jakarta – Lesunya bisnis otomotif di paruh pertama tahun ini memberikan dampak terhadap bisnis otomotif PT Astra International Tbk…

Hartadinata Akuisisi Perusahaan E-Commerce

Kembangkan ekspansi bisnisnya, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) pada tanggal 15 Juli 2019 menandatangani akta perjanjian penyertaan modal yang pada…

Kasus Hukum Menimpa Tiga Pilar - Investor Ritel Minta Kepastian Hukum

NERACA Jakarta – Kisruh sengketa manajamen PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk (AISA) masih menyisakan masalah bagi para investor, khususnya investor…